Search

Tips dan Tahapan Membangun Bisnis Minuman Unik dan Kekinian - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Siapa sih yang tidak suka dengan minuman unik dan kekinian, seperti kopi susu gula aren, ragam aneka teh, boba, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri konsep bisnis minuman unik dan kekinian belum surut dari tahun 2017, dan hingga sekarang makin banyak peminatnya di pasaran.

Memang, jika Anda berminat untuk membangun bisnis ini, tingkat persaingan sangat tinggi. Oleh karena itu, jangan menjual produk yang sudah ada di pasaran, sebab hal ini akan membuat bisnis Anda sulit untuk berkembang. Kembangkanlah produk yang sudah ada saat ini, cari celah kekurangannya, lalu buatlah minuman yang unik dan memiliki rasa dan ciri khas tersendiri.

Untuk masalah modal, tak usah khawatir, karena sudah ada aplikasi pinjaman uang online cepat dari Kredivo, yang bisa Anda andalkan untuk modal bisnis. Layanan pinjaman tunai dari Kredivo, dengan limit hingga 2 digit ini memiliki bunga rendah, hanya 2,6% per bulan, dengan tenor mulai dari 30 hari, 3 bulan, hingga 6 bulan. Jadi sangat cocok untuk modal awal membangun bisnis Anda.

Tetapi selain membuat produk yang lebih unik, serta modal bisnis, masih ada banyak sekali tahapan bisnis yang harus Anda lalui, mulai dari business plan, analisis pasar, hingga melakukan promosi. Semua akan dijabarkan secara detail di bawah ini:

1. Buat Produk Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Jika Anda sudah menemukan racikan khas tersendiri, dengan rasa yang berbeda dari yang lain, tentunya berikan juga bahan baku yang berkualitas, sehingga produk yang Anda sajikan bisa diklaim sebagai produk yang premium.

Namun, dengan bahan baku premium tersebut, biasanya dipatok dengan harga mahal. Hal ini biasa sekali disajikan oleh banyak brand, hingga brand ternama sekalipun. Agar Anda bisa bersaing di tengah tingginya persaingan saat ini, cobalah untuk menyajikan produk dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Buat Perencanaan Bisnis dengan Detail
Jangan terlalu muluk-muluk dalam membuat rencana bisnis. Anda tahu dari mana Anda memulai, seberapa besar modal, dan akan seperti apa bisnis ini dalam (setidaknya) 1 hingga 2 tahun ke depan. Sebab, jika Anda sudah memiliki ekspektasi sangat tinggi, seperti harus memiliki puluhan karyawan, mesin yang high end, dan lain sebagainya, hal tersebut bisa jadi akan makin menghambat Anda dalam membuat rencana bisnis.

Anda bisa mulai dari nama bisnis, tujuan atau latar belakang bisnis, target & karakter market, barang atau bahan produksi yang dibutuhkan, riset kompetitor, risiko bisnis, lokasi bisnis, sampai kebutuhan operasional seperti pegawai, listrik dan lain sebagainya. Tuangkan rencana tersebut dalam sebuah dokumen. Dengan adanya dokumen tersebut, rencana bisnis Anda akan lebih terlihat dan Anda juga akan lebih terpacu untuk mengeksekusinya.

3. Analisis Pasar
Menganalisa pasar bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui sejauh mana nantinya bisnis Anda dapat dikembangkan, calon pelanggan mana yang memiliki prospek ke depannya, apa sebenarnya yang mereka inginkan dari bisnis Anda dan pelayanan apa yang bisa Anda sediakan.

​​Lakukan hal ini dengan tepat, karena hal ini akan menentukan arah bisnis, branding, cara berkomunikasi dan segmen pasar pada bisnis Anda sendiri. Selain itu, analisa pasar juga akan memudahkan Anda melihat kompetitor dan memenangkan persaingan di pasar tersebut.

4. Buat Branding yang Unik dan Menarik
Aktivitas branding sangat luas, mulai dari pemilihan warna yang merepresentasikan brand, logo, packaging, cara Anda membuat konten saat promosi, dan lain sebagainya. Nah, proses branding juga sangat penting agar orang bisa mengetahui identitas produk Anda.

Oleh karena itu, buatlah branding yang unik dan menarik, sehingga berbeda dengan para pesaing Anda. Misalnya, Anda bisa membuat kemasan minuman yang lebih ramah lingkungan. Kemasan yang tidak sekali pakai saja akan lebih disukai banyak orang, sebab lebih berguna.

Hal-hal seperti ini mungkin tampak sepele, namun kerap menjadi pertimbangan banyak orang untuk membeli. Dengan kemasan yang unik dan tepat akan mempermudah Anda melakukan branding bisnis minuman tersebut.

5. Lakukan Promosi yang Tepat
Manfaatkanlah sosial media untuk mempromosikan dan memasarkan produk-produk yang Anda jual secara online. Cara ini sangat lumrah dilakukan karena sosial media sangat efektif untuk memasarkan produk, sebab media sosial bisa digunakan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Promosi bisnis yang Anda sajikan di sosial media akan semakin menggiurkan dan disukai konsumen apabila penyajian kontennya menarik. Salah satu cara agar bisa mendapatkan konten menarik adalah menggunakan video marketing. Tampilannya yang lebih komunikatif, membuat media promosi ini dirasa paling ideal guna menggaet perhatian masyarakat.

6. Konsisten
Tips yang terakhir adalah konsisten. Dengan konsistensi dalam menyajikan produk yang enak di lidah banyak orang, branding produk, dan semangat dalam menjalani bisnis, Anda akan tetap fokus pada tujuan awal bisnis, termasuk saat harus mengatasi ketatnya persaingan di dalam bisnis tersebut.

Jatuh bangun dalam bisnis memang biasa terjadi pada setiap pelaku bisnis. Jika Anda sudah mempersiapkan semua dengan maksimal, namun tidak ada konsistensi pada bisnis Anda, Anda akan mudah tersalip oleh cepatnya pergerakan pada bisnis minuman unik dan kekinian ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan tetap semangat dalam menjalani bisnis!

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 26, 2021 at 05:00PM
https://ift.tt/3CRbooh

Tips dan Tahapan Membangun Bisnis Minuman Unik dan Kekinian - BeritaSatu
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips dan Tahapan Membangun Bisnis Minuman Unik dan Kekinian - BeritaSatu"

Post a Comment

Powered by Blogger.