Search

Corona Hantam Bisnis Penerbangan, Pulihnya Bisa Makan Waktu - Detikcom

Jakarta -

Pandemi COVID-19 yang terjadi di dunia turut mengganggu bisnis penerbangan. Termasuk bisnis penerbangan di Indonesia.

Pengamat industri penerbangan Chappy Hakim mengungkapkan saat ini memang maskapai penerbangan di Indonesia sedang terseok-seok. Pasalnya arus penumpang menurun drastis dengan adanya pandemi yang menyebabkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ini.

"Kecenderungan penumpang terus menurun. Apalagi industri penerbangan itu juga dipengaruhi oleh validity pilot yang hanya 6 bulan. Kalau dia tidak terbang selama 6 bulan maka harus memperbarui lisensi dan pelatihan, sampai medical check up sebelum kembali bekerja. Nah ini yang menjadi kendala rumit dalam waktu yang lama," kata Chappy dalam sebuah diskusi, Sabtu (2/5/2020).


Chappy mengungkapkan dalam kondisi saat ini kondisi penerbangan di Indonesia memang serba sulit. Penerbangan merupakan bisnis yang biasa digunakan oleh pengusaha, saat tak ada produksi maka kemungkinan pergerakan di industri juga semakin kecil.

Saat ini yang bisa dilakukan pemerintah adalah dengan berupaya menyelamatkan maskapai, minimal Garuda Indonesia yang merupakan BUMN.

Misalnya dengan menggulirkan sistem perhubungan udara yang disiapkan untuk kondisi terburuk. Seperti angkutan udara militer atau darurat.

"Memang saat ini kondisinya belum diketahui perkembangannya seperti apa. Beda penanganan akan berbeda hasilnya," imbuh dia.

Menurut Chappy, dibutuhkan insentif atau dukungan yang kuat dari pemerintah untuk industri penerbangan di Indonesia agar bisa tetap bertahan di kondisi sulit seperti ini.

Simak Video "Sektor Minyak dan Penerbangan Anjlok Akibat Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 02, 2020 at 02:00PM
https://ift.tt/2KU8hTW

Corona Hantam Bisnis Penerbangan, Pulihnya Bisa Makan Waktu - Detikcom
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Corona Hantam Bisnis Penerbangan, Pulihnya Bisa Makan Waktu - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.