Search

Duluan Kena Corona, Bisnis Hotel Diramal Baru Pulih 2023 - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Bisnis hotel dan penerbangan termasuk yang paling duluan kena dampak pandemi corona. Namun, pemulihan sektor ini ditaksir butuh waktu lama, terutama perhotelan. Semenjak pandemi corona, sedikitnya sudah ada 2.000 hotel tutup, jumlahnya terus bertambah.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bidang Pariwisata Kosmian Pudjiadi memprediksi, industri perhotelan baru bisa kembali normal di tahun 2023. 

"2020 ini kita sebut tahun penyelamatan. Tahun depan 2021, juga masih belum bisa apa-apa, karena orang masih nggak punya uang. Untuk fully recovery prediksi 2023," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (3/5).

Kosmian mengatakan, perlu ada langkah cepat dari pemerintah, agar pelaku usaha yang saat ini masih bertahan, untuk tetap bisa hidup, atau terhindar dari kolaps.

"Semua adalah UUD, ujung-ujungnya duit. Kalau pemerintah nggak suntik dana, semua akan kolaps. Kami mengusulkan Rp 1.600 Triliun, terutama ke perbankan, supaya bank bisa menyalurkan biaya relaksasi dan working capital yang dibutuhkan untuk industri selama setahun," katanya.

Menurutnya, dengan stimulus yang diusulkan kepada pemerintah, dapat mendorong keberlangsungan hidup, bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), yang saat ini ikut terpukul akibat Covid-19. Apalagi sektor perhotelan juga saling terkait dengan bisnis UMKM.

"Perlu di ingat, 97 persen yang nikmati juga UMKM," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 04, 2020 at 07:26PM
https://ift.tt/2z522u7

Duluan Kena Corona, Bisnis Hotel Diramal Baru Pulih 2023 - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Duluan Kena Corona, Bisnis Hotel Diramal Baru Pulih 2023 - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.