Search

Historia Bisnis: Drama Panjang Kasus Kanindotex - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Petang itu, 16 Mei 1995 pukul 18.45 WIB, langit Jakarta tampak cerah. Mengenakan setelan jas hitam dan dasi tersimpul rapi, Bambang Trihatmodjo berjalan keluar dari Gedung Pusat Bank Bumi Daya (BBD) didampingi kolega-koleganya.

Setelah lebih dari dua jam berada di dalam gedung itu, putra ketiga Presiden Soeharto sekaligus Presiden Komisaris PT Apac Century Corporation (ACC) tersebut akhirnya mengumumkan akuisisi 90 persen saham perusahaan tekstil PT Kanindotex milik pengusaha Robby Tjahjadi.

“Penandatanganan pengambilalihan saham dan manajemen telah dilakukan tadi. Untuk bunga pinjaman yang belum jatuh tempo disepakati 11 persen berjangka 8 tahun. Pokoknya, semuanya sudah selesai sesuai proposal semula,” tutur Bambang seperti dikutip dari berita utama Bisnis Indonesia edisi 17 Mei 1995 atau 25 tahun silam.

Perkara akuisisi Kanindotex oleh ACC saat itu sempat jadi buah bibir karena perusahaan ini diketahui masih punya kewajiban melunasi angsuran atas kredit yang mereka dapat dari Bank Bumi Daya (BBD) Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Berdasarkan arsip Bisnis, kredit itu bahkan dilakukan empat kali. Yang pertama pada Mei 1990, mencakup nilai Rp250 miliar dengan bunga 28 persen. Sedangkan kredit kedua yang cair bulan Agustus 1990 bernilai Rp124 miliar dengan bunga 26 persen.

Kredit ketiga dilakukan April 1993 dengan nominal Rp50 miliar dan bunga 20 persen, sedangkan yang terakhir dikucurkan pada Juli 1993 dengan angka Rp100 miliar dan bunga 20 persen.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 20, 2020 at 07:25PM
https://ift.tt/3dVmDjA

Historia Bisnis: Drama Panjang Kasus Kanindotex - Bisnis.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Historia Bisnis: Drama Panjang Kasus Kanindotex - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.