Search

Bisnis Sering Gagal? Mungkin karena 8 Hal Ini - Okezone Economy

JAKARTA - Dalam menjalankan bisnis, kerugian atau kegagalan adalah hal biasa. Namun, walaupun hal biasa, sebagai pelaku usaha harus bisa menghadapi atau mengatasi permasalahan itu.

Tidak selamanya kegagalan berakhir buruk, bisa saja kegagalan itu justru membuat usaha tersebut menjadi lebih maju dan berkembang. Belajar dari kegagalan bukan menjadi suatu masalah kan?

Berikut beberapa aspek yang bisa memperbesar risiko kegagalan dalam berusaha, berikut adalah poin yang dijelaskan dalam buku 25 Usaha Terlaris Modal 1-3 Jutaan, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

1. Manajemen yang kurang bagus

Mengambil keputusan yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dari jalannya bisnis. Pebisnis setidaknya paham akan prinsip-prinsip membuat keputusan yang tepat dan minim akan risiko. Mempelajari manajemen ini bisa berasal dari buku, majalah bisnis atau manajemen serta bergaul dengan kalangan pebisnis, karena cara tersebut dianggap bijak dan efektif.

Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

2. Kurangnya komitmen atau perhatian

Bisnis tentunya menuntut pelakunya untuk berkomitmen. Komitmen dalam hal waktu, niat dan lain-lain. Kalaupun ingin waktu untuk rehat, pebisnis juga harus tetap mengecek kondisi usaha secara berkala, dan memikirkan arah pengembangan usaha.

3. Sistem pengendalian yang lemah

Lemahnya sistem biasanya menjadi penumpukan masalah teknis sehingga mempengaruhi kestabilan kinerja. Disarankan agar sebagai pemilik usaha untuk mengawasi perkembangan usaha.

Baca juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

4. Kurangnya modal

Modal yang cukup akan menjadi salah satu pendukung usaha agar dapat berjalan sebagai mana mestinya. Persiapkan modal operasional minimal untuk enam bulan. Ini dilakukan demi menutup belanja modal/investasi sebelum akhirnya bisnis bisa berjalan lancar dan keuntungan per bulan stabil.

5. Lokasi yang kurang strategis

Pemilihan lokasi untuk usaha juga sangat penting. Tempat usaha yang baik tentunya tidak hanya sebatas mudah dijangkau namun juga dipengaruhi dari daya dukung lokasi. Harus mempunyai nilai plus, misal view atau kenyamanan. Jika lokasi tidak pas, bisa jadi usaha yang dijalankan juga sulit untuk maju.

Baca Juga: Berkah Tahun Ajaran Baru, Pedagang Seragam Sekolah Banjir Orderan

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 16, 2020 at 07:18AM
https://ift.tt/2C5FXNT

Bisnis Sering Gagal? Mungkin karena 8 Hal Ini - Okezone Economy
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisnis Sering Gagal? Mungkin karena 8 Hal Ini - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.