Search

Tips Sukses Bangun Komunikasi Bisnis Online untuk UMKM - Dream

Komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam bisnis online.

Dream – Kehadiran internet telah berdampak signifikan terhadap perkembangan dunia usaha, yaitu melalui bisnis online. Dengan adanya internet, pebisnis kini lebih mudah dalam memasarkan produknya tanpa ada batasan wilayah.

Tak heran, banyak pebisnis sukses meraup untung melalui pemasaran di internet bisnis online. Salah satunya adalah para pebinsis berskala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Ketua Program Studi Komunikasi Institut Pertanian Bogor (IPB), Wahyu Budi Priatna, berbagi tips komunikasi bisnis online bagi UMKM. Pelaku bisnis ini bisa menawarkan produk atau jasa yang ditawarkan jika dibandingkan produk atau jasa sejenis. Harga wajar dan bersaing dapat menambah daya tarik penawaran.

“ Variasi harga dan volume dapat menjaring sedikit lebih luas calon konsumen dan memenuhi hasrat keinginan mereka,” kata dia di Bogor, Jawa Barat, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 19 Mei 2020.

Misalnya, kata Budi, ada diskon yang menguntungkan bagi semua konsumen. Begitu juga ditambahkan dengan gambar atau video yang kuat untuk mendukung penawaran produk.

“ Tunjukkan kualitas dan keamanan produk dan jasa dengan bukti dari lembaga legal formal,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Desain Menarik dan Selera Calon Konsumen

Menurut Budi, desain yang menarik dan penyesuaian selera calon konsumen juga bisa diterapkan. Pilih media online yang tepat, sehingga banyak dikunjungi.

Selain itu, pebinsis juga harus cepat tanggap terhadap umpan balik, terutama untuk setiap pertanyaan dan keluhan. Disertakan juga testimoni yang berkaitan dengan kualitas produk dan pelayanan yang memuaskan.

“ Jaga kepercayaan konsumen dengan kontrol kualitas, pengemasan, dan ketepatan waktu,” kata dia.

Budi juga meminta pebisnis untuk memperluas jaringan bisnis dengan memanfaatkan beragam media online yang saling terkoneksi dan terindeks dengan mesin pencari.

“ Bangun kolaborasi, kerjasama secara luas untuk bisnis yang saling menguntungkan. Pastikan juga keamanan transaksi, bantu konsumen untuk merasa aman dan nyaman dalam mengeluarkan setiap rupiahnya,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Sisihkan Keuntungan untuk Ikuti Pelatihan Bisnis

Budi juga meminta para pebisnis UMKM bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk promosi atau mengikuti pelatihan dan pengembangan bisnis. Mereka juga diminta tak segan belajar dari para senior agar bisa menghindari kesalahan yang dialami orang.

“ Bersabarlah dengan hasil karena perlu waktu untuk bisnis yang sukses,” kata dia.

Pebisnis juga diminta untuk tidak berputus asa saat jatuh. “ Jaga keamanan akun bisnis, inilah sumber keuangan anda. Jadilah wirausahawan yang lebih rajin berdo’a, karena bisnis perlu energi berlebih dan banyak kejutan,” kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 19, 2020 at 08:13AM
https://ift.tt/2WIdp4t

Tips Sukses Bangun Komunikasi Bisnis Online untuk UMKM - Dream
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Sukses Bangun Komunikasi Bisnis Online untuk UMKM - Dream"

Post a Comment

Powered by Blogger.