Search

Pentingnya Evaluasi Usaha Secara Berkala untuk Kelancaran Bisnis - Okezone Economy

JAKARTA - Evaluasi bisnis penting dilakukan oleh setiap pelaku usaha secara berkala. Hal itu dimaksudkan untuk mencari tahu kesalahan atau memperbaiki kesalahan dalam usaha yang dijalankan.

Karena, perlu diingat tidak mungkin suatu usaha berjalan mulus-mulus saja. Evaluasi juga dilakukan pada saat usaha sudah berjalan beberapa waktu, bisa dalam sebulan atau beberapa minggu.

Baca Juga: Tak Hanya Jual Kopi, Ciptakan Kedai Bernuansa Jadul Bikin Tambah Laris

"Harapannya, setelah dilakukan evaluasi pada usaha diharapkan tidak melupakan evaluasi pada usaha, karena sering terjadi justru banyak usaha yang sukses sewaktu didirikan namun perlahan-lahan meredup karena kurangnya evaluasi dan tindakan-tindakan perbaikan." tulis Buku Kiat Praktis Membuka Usaha, Karya Pietra Sarosa, Rabu (22/07/2020).

Nah, dalam buku tersebut dijelaskan pula apa pentingnya dari evaluasi. Berikut penjelasannya.

1. Mengetahui posisi usaha anda

Posisi yang dimaksud bukan berati lokasi namun ditujukan kepada kondisi keseluruhan usaha. Dengan adanya evaluasi, bisa mengetahui harta perusahaan, utang dan modal. Selain itu, juga bisa mengetahui berapa rata-rata pengeluaran bulanan, persediaan barang sampai jumlah karyawan perusahaan.

Baca Juga: Miliki Bos Lebih Muda, Hadapi dengan 6 Cara Ini

2. Mengetahui adanya kemajuan atau kemunduran

Cara mengetahuinya yaitu dengan membandingkan dengan posisi usaha pada saat evaluasi sebelumnya atau pada saat usaha baru berdiri. Bisa membandingkannya dengan hal-hal keuangan ini dengan cara membandingkan laporan keuangan pada saat awal pendirian usaha dengan laporan keuangan yang ada sekarang.

3. Mengambil langkah-langkah perbaikan atau pengembangan

Jika kondisi usaha mengalami peningkatan, tentunya sebagai pelaku usaha ingin mengembangkannya lagi. Namun, jika kondisi sebaliknya yang terjadi tentunya sebagai pelaku usaha harus memikirkan cara untuk memperbaiki usaha tersebut agar lebih baik.

(kmj)

Loading...

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 22, 2020 at 09:17PM
https://ift.tt/3hlrlIU

Pentingnya Evaluasi Usaha Secara Berkala untuk Kelancaran Bisnis - Okezone Economy
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Evaluasi Usaha Secara Berkala untuk Kelancaran Bisnis - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.