Search

Tips Menciptakan Ide Bisnis - Suara.com

Suara.com - Bisnis saat ini mulai banyak digeluti oleh banyak orang. Hal ini karena mereka menginginkan untuk mendapatkan penghasilan lebih besar dari bisnis yang mereka jalankan. Selain itu, ada beberapa orang yang beralih ke bisnis karena keadaan yang memaksa, seperti PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dan keadaan lainnya.

Bisnis tidak hanya bisa dijadikan fokus utama, melainkan juga bisa dijadikan usaha sampingan. Untuk membangun suatu bisnis, maka sangat cocok jika kamu memulainya dari awal/nol, karena jika kamu memulainya dari awal maka kamu akan mengerti keseluruhan dari bisnis yang kamu jalankan dibandingkan kamu meneruskan atau melanjutkan bisnis orang lain, hal ini pasti akan membuat bisnis kamu berkembang secara pesat, dan juga kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga, yang mana dengan pengalaman ini bisa kamu terapkan jika ingin membangun bisnis lainnya.

Hal yang paling penting dan paling awal untuk membangun sebuah bisnis adalah menciptakan ide bisnis itu sendiri. Bahkan banyak orang yang mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah ide bisnis, karena bagi sebagian orang sangat sulit untuk menemukan sebuah ide bisnis, dan jika mereka meniru bisnis orang lain belum tentu mereka bisa meniru ide yang ada di dalam pikiran pemilik ide tersebut.

Sangat sederhana untuk bisa menciptakan ide bisnis, kamu hanya perlu melihat masalah atau keluhan yang timbul disekitar kamu, karena suatu peluang bisnis lahir dari masalah yang dialami oleh kebanyakan orang.

Contoh, jika kamu adalah salah seorang mahasiswa atau kamu tinggal disekitar para mahasiswa, kamu akan tahu jika masalah atau keluhan dari mahasiswa adalah tugas dan skripsi, dari masalah ini kamu bisa menciptakan sebuah peluang bisnis seperti membuka jasa pembuatan tugas atau menjadi pengajar pribadi untuk pembuatan skripsi.

Adapun contoh lain yaitu jika kamu tinggal di lingkungan yang banyak anak-anaknya, kebanyakan ibu-ibu mengeluh dengan anaknya yang sering meminta mainan, namun mainan tersebut sangat mahal dan cepat rusak, disini kamu berpeluang bisnis untuk bisa menciptakan mainan anak-anak dengan harga terjangkau dan bisa tahan lama.

Jika kamu menginginkan untuk membuka bisnis skala besar, kamu harus observasi keadaan lokasi bisnis yang akan kamu jangkau dengan menanyakan masalah mereka dan seperti apa solusi yang ingin mereka temukan. Kamu bisa melakukan itu dengan membagikan kuesioner kepada masyarakat seputaran bisnis kamu.

Hal kecil ini banyak digunakan oleh para pengusaha sukses untuk memulai sebuah bisnis mereka atau mengembangkan bisnis yang sedang berjalan, dan jika kamu menerapkan hal kecil ini maka kamu berpeluang menjadi pengusaha sukses selanjutnya.

Oleh: Oleh Mirza Sayuti dan Isnaliana S.HI., MA / Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 22, 2020 at 03:42PM
https://ift.tt/2CTGIJO

Tips Menciptakan Ide Bisnis - Suara.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Menciptakan Ide Bisnis - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.