Search

Pakar Kewirausahaan Ini Beberkan Manfaat Belajar Digital Marketing dalam Bisnis - SINDOnews.com

JAKARTA - Walaupun ekonomi sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19 , tetap ada peluang untuk masa depan finansial yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menggunakan digital marketing.

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan bagian dari strategi pemasaran dengan menggunakan perangkat elektronik. Salah satu contoh digital marketing adalah upaya pemasaran online dengan menggunakan internet, dimana perusahaan atau penjual bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di dunia maya.

Baca juga: Ini Syarat Peroleh Beasiswa LPDP di Unpad

Kepala Program Studi Bio Kewirausahaan i3l School of Business (iSB) Reni Saraswati, menyatakan bahwa pemasaran menggunakan media digital merupakan strategi yang ampuh dalam meningkatkan efektifitas serta keuntungan bagi penggunanya.

Baca Juga:

Berdasarkan data dari Statista di awal tahun 2021, hampir 60% dari total populasi dunia adalah pengguna internet. Dari populasi tersebut, Indonesia menempati urutan ke 3 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Hal ini dapat dimanfaatkan pengusaha untuk menjangkau pelanggan tanpa ada batasan lokasi dan waktu dalam mempromosikan serta memberikan layanan bisnis secara online.

“Digital marketing dapat dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari freelancer, startups hingga perusahaan besar telah menggunakan strategi ini untuk menghasilkan manfaat komersial yang signifikan,”ungkapnya.

Baca juga: Tim Mahasiswa UGM Raih Juara di Kompetisi Internasional Bidang Energi

Bagi pengusaha pemula dan UMKM, mempelajari serta menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar. Tentu saja, perlu strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang kamu jalani untuk menarik minat pelanggan.

Berikut manfaat dan keuntungan yang didapat dari mempelajari digital marketing:

A. Dapat Bersaing dengan Kompetitor dan Perusahaan yang lebih Besar
Bagi pengusaha pemula dan UMKM, mempelajari serta menggunakan digital marketing sebagai strategi pemasaran dapat memperbesar peluang untuk bersaing dengan kompetitior atau bahkan perusahaan yang lebih besar. Tentu saja, perlu strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan usaha yang sedang kamu jalani untuk menarik minat pelanggan.

B. Lebih Efektif dan Efisien untuk Mengukur Segmentasi Pasar
Banyak orang yang masih menggunakan jasa billboard dan brosur untuk meningkatkan brand awareness serta memasarkan produk barang atau jasa mereka, namun tahukah kamu bahwa kegiatan tersebut lama-lama sudah tidak efektif lagi digunakan pada jaman teknologi digital seperti sekarang khususnya selama pandemi. Karena selain menghabiskan waktu dan biaya yang cukup besar, efek atau dampak yang diberikan juga tidak dapat diukur untuk menentukan strategi pemasaran anda kedepannya.

Namun, apabila menggunakan fitur Ads yang disediakan oleh teknologi digital akan lebih mempermudah menjalankan strategi pemasaran yang lebih akurat dan terarah. Tak sampai disitu saja, jika belajar internet marketing dalam kategori lebih tinggi, kalian dapat mengalisa siapa yang menjadi target audience utama dari iklan yang hendak ditayangkan, sehingga dapat meminimalisir biaya untuk campaign ke depan.

C. Pendapatan Usaha Semakin Tinggi
Pengusaha yang hebat adalah pengusaha yang bisa mengatur strategi dengan baik. Salah satunya dengan memanfaatkan digital marketing sebagai jalan untuk melakukan promosi usaha atau produk kepada pelanggan.
Semakin upaya promosi meningkat atau mendapat respon positif, semakin tinggi juga kepercayaan pelanggan untuk terus melakukan transaksi. Tentu ini akan membantu usaha yang sedang dijalani, dan hasil pendapatan pun menjadi lebih meningkat dari sebelumnya.

D. Membangun dan Menciptakan Kepercayaan Pelanggan
Ketika belajar bisnis digital, kamu akan tahu pula bagaimana perilaku sebelum setuju membeli sebuah produk barang atau jasa, dimana yang pertama kali mereka tanyakan pastilah official website atau akun resmi milik usaha dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

Official Website atau akun resmi adalah sebagai tanda dan bukti bahwa produk barang atau jasa telah memiliki lisensi dan layak diterima di pasar. Hal tersebut dikarenakan pada website resmi atau akun official yang berbasis teknologi digital pasti terdapat informasi penting seperti spesifikasi barang hingga riwayat produksi. Selain dua hal tersebut, pada website resmi atau akun official juga biasanya terdapat diskon dan promosi dimana hal tersebut juga menjadi alasan kuat seseorang untuk membeli sebuah produk barang atau jasa.

preload video
Berita Terkait
TULIS KOMENTAR ANDA!
Berita Rekomendasi

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
May 25, 2021 at 05:33PM
https://ift.tt/3fjD4K1

Pakar Kewirausahaan Ini Beberkan Manfaat Belajar Digital Marketing dalam Bisnis - SINDOnews.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakar Kewirausahaan Ini Beberkan Manfaat Belajar Digital Marketing dalam Bisnis - SINDOnews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.