JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian aspek dalam berbisnis, pemasaran menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan dengan tepat.
Oleh sebab itu setiap pelaku usaha dituntut untuk memahami strategi dalam memasarkan produk dan layanannya agar usaha yang dijalankan dapat berkembang baik dan pesat saat ini perilaku masyarakat telah berubah, pebisnis didorong untuk beradaptasi dan menyesuaikan keadaan.
Head of Business Field Marketing Sampingan Maria Britta mengatakan, di era digital saat ini, strategi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memanfaatkan platform digital.
Baca juga: Apa itu Endorse dalam Strategi Pemasaran?
"Perlu diingat bahwa beberapa produk dan layanan akan lebih tepat jika dipasarkan dengan secara konvensional dan memanfaatkan aktivitas offline dibandingkan dengan online. Untuk itu, kita harus mengetahui target market serta layanan dan produk yang kita tawarkan terlebih dahulu sebelum memasarkannya ke pelanggan," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (24/9/2021).
Dia membeberkan, ada 5 strategi efektif yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha untuk memasarkan produk dan layanannya guna menggaet pelanggan.
Dia menjelaskan, tak hanya terpaku pada satu jenis strategi marketing, strategi yang variatif dapat membantu sebuah bisnis untuk menggaet hingga mempertahankan pelanggan.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Strategi pemasaran yang berulang mungkin saja sudah tidak efektif bagi pelanggan lama, tetapi bisa gencar dilakukan untuk pelanggan baru.
“Pelaku usaha harus jeli memetakan target audiensnya, misalnya dapat mengirim newsletter dan email marketing bagi pelanggan secara umum, dan email khusus yang dipersonalisasi bagi pelanggan loyal,” kata Maria Britta.
2. Gunakan media sosial dengan baik
Menurut Maria, social media tidak hanya berfungsi untuk mempromosikan sesuatu tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memperluas jaringan bisnis.
Tidak hanya menggandeng pelanggan, namun pelaku usaha juga bisa menggandeng para agen dan reseller dan selalu update konten sosial media Anda.
"Jangan sampai ketinggalan trending dan berita yang sedang berkembang saat ini. Pastikan bahwa kita berada pada komunitas lingkaran pelanggan dan mitra bisnis. Dengan demikian, pelaku usaha bisa menjaring komunitas bisnis yang sesuai dengan produk yang dipromosikan," ungkap Maria.
3. Tidak mengabaikan pemasaran lapangan
Meskipun teknologi memudahkan melakukan pemasaran secara online, bukan berarti pelaku usaha dapat mengabaikan strategi pemasaran lapangan atau secara offline.
Baca juga: Pentingnya Perusahaan Gunakan Teknologi untuk Dorong Pemasaran
4. Memanfaatkan event marketing
Menurut Maria, event merupakan salah satu channel dan medium yang tepat untuk memperkenalkan produk/layanan kepada pelanggan.
Kompetisi dan event ini dapat dilakukan secara offline maupun online untuk menciptakan kedekatan emosional dan juga rasional antara pelanggan dengan produk / layanan yang ada.
Dengan demikian, peluang mereka untuk melakukan pembelian ataupun mengonsumsi produk akan sangat besar.
5. Membuat giveaway dan promo
Membuat giveaway dan promosi juga bisa menjadi salah satu cara yang dilakukan pelaku usaha.
Tak hanya dilakukan melalui sosial media, giveaway dan promosi juga dapat dilakukan secara langsung lewat event tertentu yang berkaitan dengan produk serta layanan.
Baca juga: Merefleksi Arti Warna dalam Perspektif Pemasaran
Pelaku usaha juga bisa memanfaatkan acara-acara yang menarik dan cocok dengan produk dan layanan seperti seminar, diskusi publik, pameran maupun pertunjukkan musik.
"bisnis" - Google Berita
September 25, 2021 at 05:55AM
https://ift.tt/3kAfRpv
5 Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Gaet Pelanggan - Kompas.com - Kompas.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "5 Strategi Pemasaran Bisnis yang Efektif untuk Gaet Pelanggan - Kompas.com - Kompas.com"
Post a Comment