Search

Platform Lokal OrderOnline.id Kelola Bisnis Online 19 Ribu UMKM Indonesia - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - PT Ordiya Teknologi Indonesia atau OrderOnline.id memasuki ekosistem bisnis online di Indonesia sejak 2018. Startup teknologi itu membuat usaha mikro kecil menengah atau UMKM melakukan otomatisasi bisnis dalam all-in-one platform berbasis web yang terintegrasi. 

Chief Executive Officer OrderOnline.id Rovan Alfarry menjelaskan platformnya hingga kini telah membantu lebih dari 19.000 UMKM di seluruh Indonesia. “Akumulasi nilai transaksi pengguna mencapai Rp 5,5 triliun sejak 2021,” ujar dia dalam konferensi pers di di TWS Dinning, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis, 25 Agustus 2022

Hingga kini, kata dia, volume orderan di OrderOnline.id sudah mencapai lebih dari satu juta setiap bulannya. Jumlah konsumen belanja online tercatat naik hingga 88 persen di tahun 2021. Naiknya tren belanja online yang menarik minat UMKM untuk mulai go-digital.

Rovan menceritakan OrderOnline.id bermula dari dirinya yang merintis bisnis online kecil-kecilan dan dalam menjalankan bisnis dia menemukan masalah khususnya dari sisi teknologi. “Melihat besarnya pertumbuhan bisnis online dan potensi permasalahan operasional, OrderOnline.id hadir memberikan solusi atas setiap masalah nyata dalam proses usaha yang berjalan,” katanya.

OrderOnline.id menghadirkan empat fitur utama yang didesain khusus untuk memperluas channel penjualan UMKM di luar marketplace dengan membuat toko online sendiri. Pertama menampilkan produk dalam tampilan website dan landing page, dan kedua menerima pesanan melalui formulir pemesanan sederhana.

Fitur ketiga mengelola pesanan otomatis dalam satu dashboard yang terintegrasi, dan keempat logistik yang dapat menjembatani pengiriman pesanan melalui berbagai ekspedisi seperti SiCepat, JNE, SAP, J&T, Ninja Xpress, JDL, dan ID Express. 

Menurut Rovan, pelaku usaha bisa fokus mengembangkan bisnisnya tanpa mempersoalkan hal-hal repetitif yang merepotkan seperti melakukan pencatatan penjualan, cek rekening, follow up customer secara manual, dan sebagainya. “Semua sudah berjalan otomatis," ucap Rovan 

CTO OrderOnline.id Fazlur Rahman menjelaskan platformnya akan terus dikembangkan untuk menyederhanakan sistem operasional bisnis online yang menguntungkan pebisnis. Beragam fitur baru juga bermunculan, salah satunya adalah Customer Rating yang dapat membantu pebisnis melakukan analisa pelanggan.

“Tujuannya untuk meningkatkan success rate dan mencegah fake order dari pembeli fiktif yang kerap terjadi, khususnya dalam metode COD,” kata dia,

Fitur ini, Rahman berujar, penting untuk memberikan keamanan dan sisi penjual karena tercatat 78,72 persen transaksi e-commerce di Indonesia menurut Statistik e-commerce BPS tahun 2021 menggunakan metode pembayaran COD. 

Rencana berikutnya, OrderOnline id akan merilis beragam lini bisnis baru mulai dari agregator ekspedisi (OExpress), e-course untuk bisnis online (OCademy), penyedia produk jualan bagi dropshipper dan reseller (Inventro), jasa fulfillment, hingga menyasar sektor permodalan usaha di masa mendatang. 

"Sebagian besar lini bisnis tersebut akan kami luncurkan di tahun ini," tutur Rovan. “Perusahaan masih sepenuhnya mengandalkan bootstrapping dalam operasional usahanya. Namun dengan perkembangan bisnis yang masif, tidak menutup kemungkinan OrderOnline.id akan menggalang pendanaan pertamanya.”

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 25, 2022 at 12:58PM
https://ift.tt/gvlr57O

Platform Lokal OrderOnline.id Kelola Bisnis Online 19 Ribu UMKM Indonesia - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/xcTpewW
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Platform Lokal OrderOnline.id Kelola Bisnis Online 19 Ribu UMKM Indonesia - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.