Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah UMKM mampu bertahan di tengah pandemi dengan melakukan adaptasi strategi. Salah satunya bisnis fashion.
Anggi, pemilik toko Grosir Baju Keisha asal Bandung yang menawarkan dagangannya melalui Shopee mengaku penjualannya saat pandemi turun drastis. Tak mau diam saja, dia akhirnya melakukan adaptasi bisnis secara total untuk menyelamatkan bisnis dan karyawannya.
Alhasil, produk hoodie dan outerwear remaja yang sebelumnya menjadi produk andalan bisnisnya kian berganti menjadi baju anak-anak. Setelah mendaftarkan diri untuk ikut dalam program stimulus “Dukungan Covid-19 100M Shopee”, Anggi mengakui beban operasional bisnisnya sangat terbantu, terlebih karena toko online Grosir Baju Keisha di Shopee menjadi sumber pemasukan utama.
Dengan memanfaatkan potongan biaya layanan dan Cashback XTRA, Anggi dapat menaikkan kunjungan dan pemasukan secara signifikan sepanjang kuartal dua tahun ini. “Pemasukan saya berhasil meningkat hingga 35 persen selama periode Ramadan,” jelas Anggi dalam keterangannya, Rabu (10/6/2020).
Selain program stimulus yang diberikan Shopee, Anggi merasa bisnisnya bisa tetap dapat jalan secara optimal berkat bantuan dari fitur-fitur aplikasi Shopee, terutama Shopee Live yang sangat cocok untuk menjajakan produk fesyen dengan harga miring berkualitas tinggi seperti yang ditawarkan Grosir Baju Keisha. Meski sudah tidak rutin dilakukan karena keterbatasan karyawan, toko besutan Anggi ini bisa menjangkau rata-rata ribuan penonton dalam 1x sesi Shopee Live.
Anggi menyadari, tidak semua pelaku UMKM bisa dengan cepat menciptakan peluang untuk bisnisnya. Daerah Cijerah, Bandung, di mana produksi dan toko offline Grosir Baju Keisha berlokasi, dikenal sebagai daerah yang sarat akan pengusaha konveksi. Melihat usaha di sekitarnya yang tak lagi memiliki pesanan sama sekali, Anggi tergerak hatinya untuk membantu mereka semampunya.
Anggi pun langsung memproduksi masker kain agar dapat membantu bisnis konveksi yang dijalankan oleh warga setempat. Dengan memanfaatkan toko online-nya di Shopee yang telah memiliki ratusan ribu pengikut, Anggi dapat membantu memberikan eksposur dan menyelamatkan bisnis konveksi di sekitarnya.
Sementara itu, bisnis makanan kemasan asal Cicendo, Bandung milik pasangan Sherly dan William justru meraup keuntungan yang cukup tinggi semenjak adanya pandemi. Meskipun demikian, keduanya mengaku terbentur kendala penyediaan stok yang cukup signifikan semenjak imbauan PSBB diberlakukan. Distribusi yang terbatas dari supplier lantas membatasi ruang gerak toko Snack Mazter untuk dengan cepat memenuhi permintaan yang melonjak, terutama di Februari ketika terjadi panic buying di masyarakat.
Diakui Sherly dan William yang telah membuka gerai online-nya di Shopee sejak empat tahun lalu, operasional bisnis Snack Mazter sangat terbantu dengan adanya bantuan program “Dukungan COVID-19 100M Shopee”. Berkat keringanan biaya admin Star Seller yang diberikan dari bantuan tersebut, pasangan ini bisa terus mendapatkan pesanan dari pelanggan dengan memanfaatkan eksposur di Shopee. Selain itu, perpanjangan masa pengemasan juga sangat membantu UMKM seperti Snack Mazter yang memiliki kendala dalam rantai distribusinya. Selama pandemi COVID-19 dengan dukungan dari Shopee, penjualan dari gerai online milik Sherly dan William ini berhasil meningkat hingga 3 kali lipat.
“Meski kami dapat bertahan di situasi sulit ini, kami tidak ingin berhasil sendirian. Kami yakin, para pelaku UMKM dapat melalui ini jika bergerak bersama. Kami berterima kasih karena dengan bantuan Shopee, kami dapat berbagi dan mendapatkan ilmu dengan sesama UMKM yang sedang berjuang mempertahankan bisnis melalui webinar untuk komunitas penjual yang diadakan oleh Kampus Shopee secara cuma-cuma," tutup William.
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
"bisnis" - Google Berita
June 10, 2020 at 08:44PM
https://ift.tt/2MNZmoi
Bisnis Fashion dan Makanan Kemasan Sukses Bertahan di Tengah Pandemi - Entrepreneur - Bisnis.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Bisnis Fashion dan Makanan Kemasan Sukses Bertahan di Tengah Pandemi - Entrepreneur - Bisnis.com"
Post a Comment