Search

Mau Mulai Bisnis Tapi Takut Nggak Laku? Ini Tipsnya - detikFinance

Jakarta -

Mau memulai bisnis kerap kali dihadapkan oleh rasa takut bahwa bisnis yang dijalankan tidak akan terjual. Terlebih saat pandemi Corona (COVID-19) seperti ini, di mana daya beli masyarakat sedang turun.

Pengusaha Jaya Setiabudi mengatakan hal terpenting untuk menjadi seorang wirausaha adalah keberanian. Jika sudah yakin ingin menjadi pebisnis, maka lakukanlah tanpa perlu pikir panjang.

"Jadi apapun itu kalau yang belum buka bisnis nggak usah pakai mikir, nggak usah pakai belajar, jualan saja selesai. Nanti kalau sudah mulai baru dia mulai belajar karena keberanian sering dipatahkan oleh keilmuwan. Jadi berani dulu, habis itu nanti baru mulai belajar menata satu per satu," kata dia dalam acara d'Mentor @detikcom, Selasa (30/6/2020).

Pria yang akrab disapa mas J ini tidak menyarankan untuk pebisnis pemula mengeluarkan modal besar. Sebagai usaha awal, cukup dengan modal tidak terlalu besar.

"Jangan langsung berani modal gede Rp 100 juta, nggak usah gitu. Tapi modal Rp 1 juta dulu saja. Dapat feel-nya sebagai orang pengusaha itu kan susah, itu yang paling penting," ucapnya.
Baca juga: Jadi Tulang Punggung, UMKM di RI 87% Masih Belum Melek Digital

Jika masih takut juga, Anda bisa memulainya terlebih dahulu dengan cara menjadi reseller atau dropshipper. Cara ini bisa membuat Anda belajar memasarkan produk tanpa modal sebelum memiliki produk sendiri.

"Sekarang peluangnya besar banget kalau bicara masalah bisnis di era online ini. Fasenya adalah bagaimana naik kelas. Awalnya reseller setelah itu jadi owner, ini berbeda. Yang kedua inilah yang harus diperdalam," tandasnya.

Simak Video "Keruk Ide Bisnis Online dari Sang Dewa Selling"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 01, 2020 at 10:05AM
https://ift.tt/2Ao0GeY

Mau Mulai Bisnis Tapi Takut Nggak Laku? Ini Tipsnya - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mau Mulai Bisnis Tapi Takut Nggak Laku? Ini Tipsnya - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.