Search

Memulai Bisnis di Masa Pandemi, Iseng atau Kepepet? - ayobandung.com

AYOBANDUNG.COM -- Pandemi COVID-19 memang sudah membawa kerugian kepada banyak orang. Namun, ternyata masih banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari adanya COVID-19. Contohnya, ada yang mendapat berbagai ide baru dan ada juga yang menjadi lebih berkreasi pada masa pandemi ini. 

Sama halnya dengan urusan bisnis. Beberapa bisnis online shop ada yang mendapatkan omset lebih besar setelah adanya pandemi ini. Orang-orang mulai berkreasi seperti membuat masker kain yang lucu dan membuat apa saja yang diperlukan atau diinginkan khalayak pada masa pandemi.

Banyak juga yang memulai bisnis dalam bidang makanan, produk kecantikan, atau thrift shop pada saat pandemi ini. Namun, apakah mereka yang baru memulai bisnis pada masa pandemi hanya iseng dan mencoba untuk mengisi waktu luang atau karena memang membutuhkan uang untuk bertahan hidup? 

Mencoba keberuntungan

Ahlam, seorang mahasiswa Universitas Padjadjaran merupakan salah satu orang yang mencoba keberuntungan di bidang bisnis, khususnya bisnis makanan.

“Iya sekarang lagi coba bisnis jadi reseller makanan gitu sih. Awalnya mau coba-coba, tapi sebenernya ada niat mau diseriusin juga,” ujar Ahlam. 

Ia juga menjelaskan jika ia menjadi reseller ini seorang diri. Kegiatan promosi produk jualannya pun dilakukan melalui instagram dan meminta bantuan teman-temannya untuk mempromosikannya melalui media sosial agar banyak orang mengetahui tentang produk jualannya.

Selain Ahlam, seorang pelajar di salah satu SMA di Bandung, Nataya, juga mencoba memulai sebuah bisnis pada masa pandemi ini. Nataya akhirnya memutuskan untuk mencoba berbisnis sebuah produk kecantikan wajah, khususnya produk untuk bibir.

“Aku awalnya lihat di salah satu media sosial dan di situ banyak yang baru buka bisnis, terutama produk buat bibir. Akhirnya jadi nyoba deh karena bahan-bahannya juga gampang dicari dan sudah bisa terbilang aman,” jelas Nataya.

Ia mengatakan, orang tuanya juga mendukung dan bersedia untuk memberikan modal jualan kepadanya. Bisnis yang dibuatnya ini memang hanya sebuah upaya untuk mengisi waktu luangnya, namun, ia juga berharap jika banyak orang akan menyukai produknya.

Berusaha melanjutkan hidup

Jika Ahlam dan Nataya memulai bisnis karena coba-coba atau untuk mengisi waktu luang semasa pandemi, berbeda dengan Ani, seorang ibu rumah tangga, yang memulai sebuah bisnis memang untuk membiayai kebutuhan hidupnya.

“Memulai bisnis juga sebenernya ya nambah-nambah buat kebutuhan rumah. Keinginan anak-anak juga kalau bisa penuh ya diusahakan juga,” tuturnya.

Ani yang menggeluti usaha masker kain juga mengatakan jika penghasilan dari penjualannya itu lumayan dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

“Lumayan lah dapet penghasilannya, yang beli juga ada tetangga dan beberapa teman anak saya. Daripada jualan makanan biasa di pinggir jalan sekarang sudah kurang laku,” jelas Ani.

Ia menjelaskan, bahwa sebelumnya ia berjualan makanan di pinggir jalan. Namun, adanya pandemi ini memaksanya untuk memutar otak agar bisa terus bertahan hidup bersama keluarganya. Masker kain pun akhirnya dipilih menjadi bisnis barunya karena ia mempunyai cukup keahlian untuk membuat benda tersebut.

Siapa saja bisa memulainya

Dapat dilihat, jika ternyata siapa pun bisa memulai sebuah bisnis. Baik seorang anak SMA, seorang mahasiswa, seorang ibu rumah tangga, dan tentunya semua kalangan bisa memulai sebuah bisnis. Inovasi dan motivasi tentunya menjadi langkah awal sebelum sebuah bisnis dimulai.

Meskipun demikian, memulai bisnis juga bukanlah suatu hal yang mudah walau dapat dilakukan oleh semua orang. Perlu niat dan tekad yang besar untuk memulai sebuah bisnis. Sebuah modal pun tentunya diperlukan. Risiko yang tidak diharapkan juga sudah harus dipikirkan.

Sebuah harapan

Ahlam, Nataya, dan Ani, mereka bertiga berharap agar bisnisnya bisa sukses dan menginspirasi orang lain. Mereka juga berharap pandemi ini cepat berakhir agar dapat mengembangkan bisnisnya dan membuat bisnisnya menjadi lebih produktif.

“Ya, semoga aja cepat berakhir ini pandeminya, biar saya juga bisa jualan dengan normal lagi. Masker kain juga nanti mungkin bisa lebih dikasih inovasi biar tetap jalan walaupun pandeminya sudah berakhir,” tutur Ani.

Berkreasi dan berusaha pada masa pandemi ini juga bisa membawa keuntungan untuk berbagai orang. Maka dari itu, ayo bangkit, berpikir, dan mulai beraksi. Buatlah kegiatan produktif versi diri masing-masing. Jangan buat kesempatan yang bisa didapatkan pada masa pandemi ini hilang begitu saja. Semua orang pasti mampu jika terus berusaha.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 30, 2020 at 02:04PM
https://ift.tt/2ZB2olR

Memulai Bisnis di Masa Pandemi, Iseng atau Kepepet? - ayobandung.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Memulai Bisnis di Masa Pandemi, Iseng atau Kepepet? - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.