Search

Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Banting Setir ke Bisnis Kuliner - detikInet

Jakarta -

Jack Ma telah pensiun dari Alibaba sejak tahun 2019 dan kini ia punya kesibukan baru. Jika sebelumnya dikenal sebagai dedengkot di sektor teknologi, kini Ma beralih ke bisnis kuliner.

Ma kabarnya baru saja mendirikan perusahaan 'Hangzhou Ma's Kitchen Food' pada Rabu (22/11) kemarin. Perusahaan ini didirikan di Kota Hangzhou, kampung halaman Jack Ma sekaligus markas Alibaba.

Perusahaan ini memiliki modal terdaftar sebesar 10 juta yuan atau sekitar Rp 21, 6 miliar. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki oleh Hangzhou Dajingtou No.22 Arts and Culture, perusahaan investasi milik Ma.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bisnis utama Hangzhou Ma's Kitchen Food berupa penjualan makanan yang sudah dikemas serta pemrosesan dan penjualan ritel produk pertanian, seperti dikutip dari South China Morning Post, Senin (27/11/2023).

Setelah mendirikan Hangzhou Ma's Kitchen Food, Ma sepertinya ingin ikut meramaikan industri makanan siap santap yang sedang ngetren di China. Industri siap makan di China diprediksi akan menembus angka penjualan hingga 510 miliar yuan tahun ini.

Ma mulai tertarik dengan dunia pertanian setelah bisnisnya dikuliti oleh pemerintah China gegara komentarnya terkait sistem dan regulasi keuangan pada tahun 2020 membuat pemerintah China geram.

Pria berusia 59 tahun ini sempat menghilang dari hadapan publik selama dua tahun, dan sekarang hanya sesekali tampil di depan umum. Ia memanfaatkan waktu lowongnya untuk keliling dunia sambil belajar tentang teknologi pertanian.

Pada Oktober 2021, Ma pernah belajar tentang pertanian dan teknologi terkait isu lingkungan di Spanyol. Ia juga pernah mengunjungi Belanda, Jepang, dan Thailand untuk mempelajari teknologi pertanian.

Hangzhou Ma's Kitchen Food hanya satu dari sekian entitas baru yang didirikan Jack Ma di sektor pertanian. Pada Juli lalu, Ma diketahui merupakan dalang di balik startup perikanan dan pertanian bernama '1.8 Metres Marine Technology'.

Simak Video "Jack Ma Kini Banting Setir di Bidang Pertanian"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 27, 2023 at 04:15PM
https://ift.tt/dZhrV0k

Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Banting Setir ke Bisnis Kuliner - detikInet
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/og5GBKb
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Banting Setir ke Bisnis Kuliner - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.