Search

Tips Bisnis Tetap Berjalan Lancar Usai Pandemi | merdeka.com - merdeka.com

Merdeka.com - Pandemi yang berlangsung dalam beberapa waktu terakhir memang berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat. Bukan saja dari segi kesehatan, tetapi juga berdampak pada perekonomian. Bahkan, nggak sedikit yang harus dirumahkan, gara-gara masa yang nggak menentu ini.

Di sinilah pentingnya untuk kembali bangkit berusaha. Bagaimanapun bisnis harus tetap berjalan, demi menyambung hidup sehari-hari. Supaya bisnis tetap berjalan lancar usai pandemi nanti, beberapa tips berikut ini wajib banget dicoba.

Sesuaikan dengan Kemampuan Diri

tips bisnis tetap berjalan lancar usai pandemi

©shutterstock

Mengawali bisnis lagi, terutama di tengah-tengah masa sulit macam pandemi, butuh perencanaan yang matang. Jangan buru-buru merealisasikan, jika belum ada konsep yang telah dipikirkan dan dipertimbangkan dengan serius.

Supaya lebih optimal menjalankannya, sesuaikan rencana bisnis dengan kemampuan diri. Bukan hanya soal bakat atau hobi, tetapi juga kondisi keuangan atau modal untuk menjalankannya. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan nanti bisa berbuah manis.

Pilih Produk Bisnis dengan Peluang Menjanjikan

tips bisnis tetap berjalan lancar usai pandemi

©shutterstock

Selain menyesuaikan dengan kemampuan diri, jangan lupa untuk memilih produk bisnis yang memiliki peluang menjanjikan. Ada baiknya juga mempertimbangkan faktor risiko. Hindari produk bisnis dengan risiko terlalu besar, terutama di masa sekarang ini.

Misalnya, membuka catering makanan cenderung lebih berisiko sulit balik modal atau bahkan rugi, karena beberapa orang mungkin menunda kegiatan pesta lantaran kondisi masih belum bisa ditentukan kepastiannya.

Sebagai gantinya, bisnis makanan kemasan yang lebih tahan lama, dan bisa dijual secara online justru lebih menguntungkan, mengingat beberapa orang lebih memilih tetap berada #DiRumahAja.

Pasarkan Secara Online

tips bisnis tetap berjalan lancar usai pandemi

©shutterstock

Agaknya susah mendapatkan keuntungan jika hanya mengandalkan bisnis konvensional. Di era sekarang ini, orang-orang cenderung lebih suka berbelanja online. Terlebih dengan kondisi yang belum juga menentu akibat pandemi, belanja online masih tetap menjadi pilihan paling aman, nyaman dan banyak diandalkan.

Di sinilah pentingnya mengoptimalkan market digital. Apalagi sudah banyak e-commerce terpercaya yang bisa diandalkan sebagai lapak berjualan online, seperti Tokopedia. Tinggal pastikan gadget yang kamu miliki mumpuni untuk dibuat jualan. Terlebih kini harga handphone dengan spec bagus nggak selalu mahal kok.

Cukup mulai aja dari Tokopedia, beragam jenis handphone dengan harga terjangkau dan spec lengkap, seperti handphone Xiaomi atau handphone Vivo terbaru bisa kamu temukan dengan mudah, untuk kembali mengawali bisnis impian usai pandemi. [boo]

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 06, 2020 at 07:00AM
https://ift.tt/30a8NGp

Tips Bisnis Tetap Berjalan Lancar Usai Pandemi | merdeka.com - merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Bisnis Tetap Berjalan Lancar Usai Pandemi | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.