Search

Apakah Mendapatkan Modal Bisnis Harus dari Utang? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Ada yang bilang kalau ingin menjalani bisnis, langkah yang baik untuk mendapatkan modal adalah dengan cara berutang. Ditambah lagi dengan berkembangnya aplikasi pinjaman online cepat cair dan mudah yang beberapa tahun belakangan ini sudah cukup berkembang, membuat para calon pebisnis lebih mudah mendapatkan pinjaman produktif untuk modal usaha.

Namun, ada juga orang yang sudah mendapatkan modal dengan cara berutang, tetapi bisnisnya ambruk dan meninggalkan utang yang banyak tanpa tahu bagaimana cara membayar kreditnya.

Lalu, apakah dengan menggunakan uang tabungan untuk modal usaha akan lebih baik, karena bisa terhindar dari lilitan utang? Jawabannya belum tentu benar. Oleh karenanya, lebih baik pertimbangkan hal ini sebelum Anda mulai memutuskan untuk memakai cara mana yang terbaik untuk mendapatkan modal usaha.


Untung & rugi berbisnis dengan utang

Hal pertama yang Anda rasakan ketika Anda mendapatkan kredit dari bank maupun dari pinjaman online cepat cair dan mudah adalah, Anda tidak perlu repot-repot dan menunggu lama-lama menabung untuk mendapatkan modal usaha. Belum lagi jika Anda menunggu lama untuk menabung, bisa jadi usaha yang Anda sudah tunggu-tunggu akan menjadi wacana karena sudah basi.

Selain itu, dengan adanya kredit setiap bulannya, Anda bisa lebih semangat untuk mencapai target penjualan. Jadi, Anda akan lebih peduli dengan bisnis yang Anda jalani dan akan terus berubah menjadi lebih baik agar pendapatan tetap stabil dan utang bisa terbayarkan

Bicara soal kerugian utang, hal ini akan terjadi apabila Anda tidak mengelola utang dan bisnis Anda dengan baik. Sebab utang tetap menjadi beban yang harus Anda bayarkan hingga periode waktu yang sudah ditentukan. Jadi, apabila Anda tidak pandai untuk melihat kesempatan, memutar otak untuk mengganti strategi, tidak bisa menargetkan pasar dengan baik, hutang hanya akan menjadi beban.

Selain itu, Anda juga tidak bisa langsung menikmati keuntungan sepenuhnya, karena Anda perlu membayar cicilan dahulu sampai lunas dalam jangka waktu sekian tahun baru bisa menikmati hasil yang didambakan.

Untung & rugi berbisnis tanpa utang

Tidak bisa dipungkiri kalau modal usaha 100% dari uang pribadi ataupun tabungan, usaha akan menjadi lebih aman arena tidak ada utang atau pinjaman kepada bank, dengan demikian Anda tidak perlu repot menyisihkan sejumlah uang dari setiap keuntungannya untuk diberikan sebagai pengembalian pokok dan bunga ke bank.

Ditambah lagi potensi keuntungan Anda menjadi lebih besar karena tidak ada tanggungan apapun yang harus dibayarkan ke lembaga keuangan setiap bulannya.

Namun dibalik keuntungan yang bisa Anda rasakan, ternyata resikonya juga cukup besar. Apabila ternyata bisnis yang Anda jalani mengalami kegagalan dan Anda tidak memiliki cukup banyak dana cadangan untuk menopang bisnis, bisa-bisa bisnis berhenti dan usaha yang sudah Anda jalani bisa gulung tikar.

Sejatinya sama seperti kerugian berutang, hal ini akan terjadi apabila Anda tidak mengelola utang dan bisnis Anda dengan baik.


Lebih Baik Gabungkan Keduanya

Menggunakan modal sendiri atau meminjam melalui bank adalah suatu keputusan yang sangat strategis demi pengembangan bisnis di masa mendatang. Fungsi dari kredit adalah sebagai pengungkit, sesuai dengan sifat pengungkit maka sudah sewajarnya roda usaha dapat lebih kencang dalam berputar.

Namun, alangkah lebih baiknya jika Anda menggabungkan kedua cara tersebut. Anda bisa memanfaatkan pinjaman online cepat cair dan mudah seperti Kredivo untuk dijadikan dana cadangan apabila bisnis Anda tiba-tiba sedang goyah. Sebab, layanan pinjaman tunai dari Kredivo yang memiliki bunga ringan 2,6% per bulan, limit hingga Rp30 juta dan tenor mulai dari 1, 3 hingga 6 bulan bisa Anda manfaatkan dengan baik.

Akhir kata, kesuksesan bisnis semua ada di tangan Anda, bukan dari tangan pihak yang lain, termasuk dari pihak lembaga keuangan yang bisa memberikan Anda pinjaman untuk modal bisnis. Selamat menjalani bisnis!


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 26, 2020 at 05:00PM
https://ift.tt/39jdzWC

Apakah Mendapatkan Modal Bisnis Harus dari Utang? - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah Mendapatkan Modal Bisnis Harus dari Utang? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.