Search

Soal Boikot Produk Prancis, Gapmmi: Jangan Kaitkan Politik ke Bisnis! - detikFinance

Jakarta -

Pernyataan dari Presiden Prancis, Emmanuel Macron tentang Islam membuat dunia heboh. Akibatnya masyarakat di beberapa negara termasuk Indonesia menyerukan aksi boikot produk Prancis.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi), Adhi S Lukman menyayangkan adanya aksi boikot produk Prancis tersebut. Pasalnya, pernyataan menghebohkan Macron tentang Islam disebut tidak ada kaitannya dengan bisnis.

"Sebaiknya kita jangan kaitkan politik dengan bisnis karena dunia usahanya tidak ada kaitan apapun dengan pernyataan Macron," kata Adhi kepada detikcom, Selasa (3/11/2020).

Untuk diketahui, sebelumnya Macron telah mendukung seorang guru menampilkan karikatur Nabi Muhammad dan menyebut Islam sebagai agama yang sedang mengalami krisis di dunia. Pernyataan itu membuat berbagai reaksi dari negara muslim hingga akhirnya muncul seruan aksi boikot produk Prancis.

Adhi menyebut aksi boikot produk Prancis ini akan berdampak merugikan jika Prancis maupun negara yang menyerukan aksi saling memboikot produk.

"Pasti akan berpengaruh bila saling boikot. Kedua negara dirugikan," ucapnya.

Berbeda dengan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani. Menurutnya langkah pemboikotan produk Prancis boleh saja sebagai bentuk luapan emosi. Namun terkait dampaknya ke Indonesia, dia menilai tidak terlalu berpengaruh.

"Tidak pengaruh juga. Tapi ini kan luapan emosi ya boleh saja. Tapi kenyataannya tidak banyak mempengaruhi situasi," katanya dihubungi terpisah.

Pasalnya, produk Prancis yang ada di Indonesia disebut tidak terlalu banyak. Ditambah sangat sedikit masyarakat yang mengetahui produk asal Prancis yang dijual di Indonesia.

"Nggak banyak juga kan produk Prancis mana saja sih. Ada satu produk misalnya makanan dan minuman misalnya gitu, tapi nggak banyak orang tahu juga," jelasnya.

Lagi pula saat ini merupakan era keterbukaan di pasar global. Di mana satu perusahaan yang ada di daerah tersebut belum tentu pemiliknya juga berasal dari negara yang sama.

"Perusahaan itu mungkin perusahaannya dari Prancis tapi pemiliknya global bisa saja, pemilik Prancis lebih sedikit, global lebih banyak. Jadi menurut saya kurang efektif juga," imbuhnya.

(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 03, 2020 at 05:25PM
https://ift.tt/2TRdvEE

Soal Boikot Produk Prancis, Gapmmi: Jangan Kaitkan Politik ke Bisnis! - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Soal Boikot Produk Prancis, Gapmmi: Jangan Kaitkan Politik ke Bisnis! - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.