Search

5 Tips Meningkatkan Customer Experience untuk Bisnis Jasa - Suara.com

Suara.com - Bisnis jasa hadir dalam berbagai macam dan menyediakan berbagai solusi baik untuk bisnis maupun individual. Beberapa jenis layanan yang sering kita temui adalah jasa konsultasi keuangan, kesehatan, dan bisnis. Meskipun hadir dengan jenis layanan yang berbeda, namun ada satu faktor yang menentukan kesuksesan bisnis jasa yakni customer experience

Kesuksesan bisnis jasa sebenarnya bukan hanya dicapai ketika bisnis tersebut mampu memenuhi kebutuhan klien, tetapi justru ketika mereka mampu melebihi ekspektasi klien. Untuk mencapai itu, customer experience perlu ditingkatkan. Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang dapat dilakukan bisnis jasa untuk dapat mengoptimalkan pengalaman kliennya. 

1. Pahami kebutuhan klien dengan baik

Sebelum memulai bisnis dengan klien, Anda harus benar-benar memahami kebutuhan mereka terlebih dahulu. Berikan berbagai pertanyaan yang dibutuhkan agar Anda bisa memberikan layanan yang tepat untuk mereka nantinya. 

Buatlah daftar pertanyaan lengkap mengenai ekspektasi klien dari layanan Anda. Dan untuk membantu meningkatkan pengalaman mereka, cari tahu apakah mereka pernah menggunakan layanan yang sama di tempat lain. Dengan begini, Anda dapat mengetahui mengapa klien memilih layanan Anda, sekaligus mempelajari keunggulan dan kelemahan kompetitor.

2. Tingkatkan customer experience melalui survei

Untuk dapat meningkatkan customer experience secara optimal, usahakan untuk mengetahui perspektif klien tentang layanan Anda secara langsung. Caranya yakni dengan melakukan survei, bisa secara langsung atau online. Dari sini, Anda akan dapat mengetahui apa yang perlu ditingkatkan dari layanan Anda.

Ricky Halim, founder dari HashMicro, perusahaan penyedia layanan software ERP,  mengatakan bahwa perusahaannya selalu menyempatkan untuk memberikan survey form segera setelah proses implementasi software selesai. Ia mengatakan bahwa cara ini sangat efektif dalam membantu perusahaannya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada klien.

3. Mudahkan klien menghubungi Anda

Demi meningkatkan pengalaman klien, sediakan kemudahan bagi klien untuk menghubungi Anda. Memasang fitur live chat di situs web Anda akan sangat membantu. Izinkan klien menghubungi Anda melalui telepon, email, dan WhatsApp. Tunjukkan kepada klien Anda bahwa Anda tersedia untuk mereka dan siap membantu kapanpun dibutuhkan. 

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 11, 2020 at 03:22PM
https://ift.tt/2ZrXb0g

5 Tips Meningkatkan Customer Experience untuk Bisnis Jasa - Suara.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tips Meningkatkan Customer Experience untuk Bisnis Jasa - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.