Search

Mahasiswa dan Bisnis - ayobandung.com

AYOBANDUNG.COM -- Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi setiap insan manusia. Bahkan kini ilmu bisa dibilang sebagai standar kualitas kehidupan seseorang. Orang yang memiliki ilmu tinggi dapat dikategorikan sebagai orang yang berkualitas. Dengan ilmu yang dimilikinya dapat membantu dalam memecahkan banyak hal.

Bahkan sangat pentingnya ilmu bagi manusia, dalam Islam diwajibkan bagi seluruh umatnya baik laki-laki ataupun perempuan untuk menuntut ilmu. Banyak hadis telah menyebutkan bahwa menuntut ilmu itu adalah suatu keharusan atau kewajiban untuk dilaksanakan. Menuntut di sini artinya ditekankan untuk menimba ilmu atau belajar ilmu, baik ilmu yang bersifat duniawi, akhirat, lahir, batin, dan ilmu-ilmu lainnya.

Dalam prosesnya menuntut ilmu bukanlah perkara yang mudah. Terdapat banyak rintangan untuk mendapatkannya salah satunya ialah biaya. Biaya pendidikan merupakan faktor penghambat yang umum dirasakan setiap orang dalam menuntut ilmu. Tak jarang banyak yang berhenti ditengah jalan karena tak mampu membayar biaya pendidikan yang mahal.

Hal tersebut banyak sekali dirasakan oleh mahasiswa yang memiliki kekurangan dalam membiayai studinya. Hal ini pula yang membuat mental dan semangat dalam menuntut ilmu menjadi surut. Meskipun paham akan pentingnya menuntut ilmu namun karena biaya yang teramat tinggi membuat mahasiswa memilih berhenti dalam perjuangannya.

Namun hal ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang memiliki jiwa tanggung dan semangat tinggi. Meskipun memiliki keterbatasan dalam membiayai studinya. Hal itu bukanlah alasan untuk berhenti dalam perjuangan menuntut ilmu. Berbagai cara akan ditempuh agar dapat membiayai studinya salah satunya dengan usaha atau bisnis.

Di era ini marak sekali mahasiswa yang mengorbankan waktu istirahatnya untuk bekerja atau membuka usaha. Hal itu dilakukan demi dapat membiayai biaya pendidikan dan juga untuk membantu biaya kehidupan sehari-hari. Mahasiswa seperti ini adalah mahasiswa yang memiliki mental baja dalam menghadapi permasalahannya.

Usaha-usaha yang dilakukan sangatlah variatif. Dimulai dari menjadi guru privat, freelance photographer, penjaga toko dan sebagainya. Bahkan ada pula yang membuang rasa malunya membawa kotak besar berisi gorengan atau jajanan untuk dijajakan kepada teman-temannya di kampus. Bahkan ada pula yang sampai membawa termos air panas ke kampus untuk berjualan kopi.

Memilih membangun usaha ramai dipilih oleh mahasiswa ketika masih dalam masa studinya. Meskipun hanya dengan modal yang minim tak menyurutkan semangat dalam berbisnis. Namun tak sedikit pula yang membuka bisnis dengan modal nekat saja. Modal nekat yang kerap dilakukan dalam membangun bisnis inilah yang perlu diperhatikan kembali.

Rata-rata mahasiswa tidak paham tentang sistem bisnis itu sendiri. Sebagian besar hanya mengandalkan mindset “yang penting jalan dulu”. Dan tidak memiliki perencanaan yang matang serta perhitungan yang baik. Tak jarang usaha yang dibangun pun hanya bertahan seumur jagung.

Memiliki semangat yang tinggi dalam membangun usaha adalah modal yang sangat penting. Namun jika tanpa perencanaan dan perhitungan yang baik. Usaha yang dibangun tidak akan berjalan sesuai keinginan. Yang terjadi malah sebaliknya tidak mendapatkan untung dan cenderung merugi. Hal tersebutlah yang membuat semangat menjadi sia-sia.

Perlunya pemahaman tentang sistematika bisnis dan kejelian dalam melihat peluang harus dimikili mahasiswa. Karena hal itu adalah kunci-kunci untuk membuka keran kesuksesan dalam beerwirausaha.

Melalui perencanaan yang baik maka jalannya usaha akan teratur. Dengan perhitungan yang baik maka keuntungan akan lebih banyak didapatkan. Dan kerugian akan lebih bisa dihindarkan. Dan dengan kejelian melihat peluang maka akan lebih mampu berinovasi dalam meraih konsumen.

Mahasiswa mesti senantiasa belajar. Meskipun telah berjalan namun belajar mengelola usaha harus terus berlanjut. Hal tersebut dilakukan agar kelancaran dalam usaha tetap terjaga. Kesuksesan pun dapat diraih dengan cepat. Di samping itu semangat dan mental harus selalu kuat. Dengan mental kuat maka mahasiswa akan mampu bertahan menghadapi pasang surutnya di dunia bisnis.

Dengan semua itu tak sedikit mahasiswa yang sukses dalam membangun bisnisnya. Bahkan sebelum lulus dari masa perkuliahannya. Dan menjadi entrepeuneur yang dapat membuka lahan perkerjaan bagi banyak manusia.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 25, 2020 at 09:34AM
https://ift.tt/2RWFiT1

Mahasiswa dan Bisnis - ayobandung.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mahasiswa dan Bisnis - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.