Search

Ini Dampak PSBB Jakarta buat Bisnis Hotel dan Restoran - detikFinance

Jakarta -

Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dianggap dapat membawa dampak ekonomi yang mendalam bagi bisnis hotel dan restoran. Padahal, masa transisi sebelumnya telah membawa sedikit pertumbuhan bagi kedua bisnis tersebut.

"Dampaknya sudah pasti akan sama dengan kejadian dampak PSBB sebelumnya. Memang hotel tidak termasuk yang dilarang, dulu juga begitu, tapi kan kalau sudah pergerakan dibatasi pastinya akan berdampak ke bisnis hotel dan restoran," ujar Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran kepada detikcom, Kamis (10/9/2020).

Okupansi hotel bisa menurun drastis ke level sebelum masa transisi. Demikian pula dengan restoran, meski masih diizinkan buka usaha secara take away, namun berisiko tinggi menurunkan permintaan pelanggan.

"Pada saat PSBB yang lalu itu kita itu dampaknya itu okupansi itu drop sampai 1 digit, kemudian termasuk bisnis restoran yang tidak bisa bergerak, karena tumbuhnya bisnis restoran itu kalau ada interaksi pergerakan orang, dengan adanya PSBB dan WFH itu pasti sangat berdampak kepada bisnis restoran dan juga termasuk hotel, karena hotel itu bukan hanya sebagai tempat orang menginap tapi juga ada berkegiatan di dalamnya," paparnya.

Bila bisnisnya terdampak, maka karyawannya juga ikut jadi korban. Pebisnis, lagi-lagi, terpaksa harus merumahkan karyawannya selama PSBB Jakarta nanti.

"Kemudian lanjut lagi dampaknya adalah terjadinya unpaid leave terhadap karyawan yang terpaksa harus dirumahkan karena perusahaannya tidak menghasilkan," tambahnya.

Hal yang sama disampaikan juga oleh Ketua PHRI Jakarta Krishandi. Selama masa transisi ini, sebenarnya telah terjadi peningkatan okupansi hotel di sekitar level 10-20 persenan Bila Anies kembali memberlakukan PSBB seperti sebelumnya, maka bakal turun lagi ke level 0-9 persenan.

"Dampaknya itu pasti pengusaha hotel dan resto ini akan revenuenya anjlok lagi. Okupansi yang tadinya sudah menginjak 2 digit di angka belasan persen ataupun dua puluhan persen, sekarang mungkin kembali ke 1 digit lagi. Tadi yang sudah mulai buka kamar mungkin ada yang tutup kamar lagi sekarang, or even tutup hotelnya," tambah Krishandi.

Simak Video "Prediksi Horor Jika DKI Tak Kembali PSBB"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 10, 2020 at 01:01PM
https://ift.tt/2RbXHef

Ini Dampak PSBB Jakarta buat Bisnis Hotel dan Restoran - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Dampak PSBB Jakarta buat Bisnis Hotel dan Restoran - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.