Search

PSBB Total Saat Daya Tahan Bisnis Terbatas, Ekonom: Hati-hati - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal memberlakukan lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total atau penuh mulai Senin, 14 September 2020. Menanggapi rencana ini, ekonom Aviliani menilai pemerintah harus mewaspadai kondisi sejumlah perusahaan untuk menghadapi PSBB Jakarta jilid II ini. 

"Hati-hati, karena daya tahannya terbatas," kata Aviliani dalam diskusi Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) DI Jakarta, Kamis, 10 September 2020.

Lebih lanjut, selain kondisi perusahaan, Aviliani juga meminta pemerintah mewaspadai dampak PSBB ini kepada sektor usaha kecil menengah. Berkaca pada PSBB Maret 2020 saat awal pandemi, sektor ini benar-benar terkena imbas. Setelah PSBB dicabut, bisnis mereka juga belum sepenuhnya pulih.

Aviliani kemudian mengutip hasil survei terbaru dari Danareksa Research Institute (DRI), yang menunjukkan bahwa penerapan tatanan normal baru (new normal) saat ini belum mendorong pemulihan ekonomi. Sebab, prioritas belanja masyarakat masih pada kebutuhan primer.

Sebaliknya, konsumsi terhadap kebutuhan sekunder masih berkurang, kendati sudah ada pelonggaran PSBB. Rincian konsumsi barang yang berkurang berdasarkan survei DRI ini adalah sebagai berikut:

1. Makan di luar: berkurang 84,69 persen
2. Jalan-jalan: 80,1 persen
3. Snack dan kopi: 64,73 persen
4. Produk perawatan wajah: 36,14 persen
5. Skincare: 21,93 persen
6. produk perawatan pribadi: 12,18 persen

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 10, 2020 at 06:56PM
https://ift.tt/2ReOGRy

PSBB Total Saat Daya Tahan Bisnis Terbatas, Ekonom: Hati-hati - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PSBB Total Saat Daya Tahan Bisnis Terbatas, Ekonom: Hati-hati - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.