Search

Sabar Ya, IHSG Diramalkan Masih Volatil Hingga Akhir Tahun - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Volatilitas di pasar saham diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun seiring dengan masih maraknya katalis negatif.

Pada akhir perdagangan Rabu (9/9/2020) IHSG kembali lunglai dan menjebol level support 5.200 dengan koreksi 1,81 persen ke level 5.149. Ini membuat koreksi IHSG secara year to date kembali melebar yakni 18,26 persen.

Kendati demikian, level IHSG saat ini masih jauh lebih baik dibanding beberapa bulan belakangan. IHSG sempat menyentuh level terendah 3.937 pada 24 Maret 2020 ketika kasus Covid-19 mulai merebak di Tanah Air.

Head of Market Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan tren koreksi yang dialami oleh IHSG beberapa hari ini terkait dengan perkembangan baru kondisi pandemi di Indonesia.

“Sekarang risikonya dipandang naik, kita sudah tembus 200.000 kasus itu pasti jadi katalis negatif walaupun sebelumnya terjadi penguatan karena ada kabar soal vaksin,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Rabu (9/9/2020)

Di sisi lain, tambah Wawan, dia menilai koreksi yang terjadi sebenarnya masih dalam tahap wajar karena IHSG telah menguat lebih dari 20 persen dari posisi terendahnya tahun ini, sehingga menjadi momentum profit taking bagi para investor.

“Investor juga sedang menunggu bagaimana kinerja keuangan para emiten di kuartal III, akhir September nanti,” imbuhnya.

Menurutnya, potensi koreksi lebih lanjut mungkin terjadi, begitu pula dengan kesematan IHSG untuk rebound. Meski volatilitas masih bakal berlanjut, Wawan optimistis mempertahankan target IHSG di level 5.500 hingga akhir tahun.

Dia percaya sejumlah katalis menjadi pendorongnya, antara lain potensi pemangkasan suku bunga acuan oleh Bank Indonesia dan pertumbuhan ekonomi kuartal III yang meski masih minus tetapi akan lebih baik dibandingkan kuartal II.

“Kalau pelaku pasar kan melihatnya ke depan, looking forward, jadi harusnya mereka bisa membaca tanda-tanda perbaikan ekonomi, untuk 2021 bahkan untuk 2022,” kata Wawan.

Dihubungi terpisah, Vice President Research Artha Sekuritas Frederik Rasali mengatakan volatilitas IHSG masih akan tinggi selama kondisi geopolitik masih belum stabil.

Selain itu, secara fundamental dia melihat pertumbuhan ekonomi juga masih sangat terbatas dengan adanya pandemi Covid-19 yang menghambat sisi permintaan konsumen. “Sehingga target kami hingga akhir tahun masih di level 5.200,” ujar Frederik.

Konten Premium Masuk / Daftar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 09, 2020 at 09:22PM
https://ift.tt/3m3KdiV

Sabar Ya, IHSG Diramalkan Masih Volatil Hingga Akhir Tahun - Bisnis.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sabar Ya, IHSG Diramalkan Masih Volatil Hingga Akhir Tahun - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.