Search

Ingin Buka Bisnis tapi Terkendala Modal? Begini Caranya - Okezone Economy

JAKARTA - Banyak orang selalu mengeluhkan masalah modal dana ketika mereka hendak memutuskan untuk memulai sebuah usaha. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk meminjam uang ke lembaga perbankan.

Padahal, bila dipikirkan secara mendalam cara itu merupakan keputusan yang salah. Sebab, dikhawatirkan ke depannya terlilit utang akibat tak bisa membayar beban bunga dan pokok utang.

Terlebih, sekarang situasinya banyak calon pebisnis yang tadinya merupakan seorang pekerja, namun kini mereka terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Biasanya perusahaan yang melakukan PHK pegawai di tengah krisis ini kerap kali tak membayarkan pesangon para pegawainya.

Baca Juga: Iseng-Iseng Ternak Lele, Pemuda Ini Untung Jutaan Rupiah

Ceo Neyma Dodi Zulkifli mengimbau kepada para pegawai yang terkena PHK dan hendak membuka bisnis, diharapkan untuk tak mengajukan pinjaman ke bank. Dirinya menyarankan agar mereka memilih untuk meminjam kepada kerabat atau sanak familinya.

“Jika tidak ada modal, lebih baik pinjam ke orang-orang terdekat,” kata Dodi dalam acara talk show daring Instagram Live Okezonecom, Senin (2/11/2020).

Dia mengingatkan kepada para calon pebisnis tersebut agar berkomitmen untuk mengembalikan uangnya ketika memang sudah menuai hasil dari jualannya nanti. Sebab, kunci sukses dari seseorang menjalankan bisnis adalah kedisiplinan diri.

“Yakinkan diri kita untuk komitmen dengan utang tersebut. Karena terkadang kita tidak disiplin,” ujarnya.

Menurut dia, agar bisa mengembalikan uang pinjaman tersebut, maka mereka ketika meminjam harus sesuai dengan kemampuannya. Sehingga, dalam memulai bisnis, tak perlu meminjam uang berlebih hanya untuk modal usaha.

“Lebih baik minjam dulu. Tapi pastikan sesuai dengan kemampuan,” katanya.

(kmj)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 02, 2020 at 06:47PM
https://ift.tt/3mH2h1O

Ingin Buka Bisnis tapi Terkendala Modal? Begini Caranya - Okezone Economy
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Buka Bisnis tapi Terkendala Modal? Begini Caranya - Okezone Economy"

Post a Comment

Powered by Blogger.