Search

Ngaku Punya Bisnis, Wanita Surabaya Tipu Distributor BBM Industri Rp 15 Miliar | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Jajaran Satreskrim Polresta Surakarta mengamankan seorang wanita berinisial IW (49), warga Surabaya yang diduga telah menggelapkan uang rekan bisnisnya senilai Rp 15 miliar. IW diduga menipu rekan bisnisnya di bidang bahan bakar minyak (BBM), Aryo Hidayat Adiseno.

Kasatreskrim Polresta Surakarta, AKP Purbo Adjar Waskito mengatakan, Ario merupakan pemilik PT SHA, distributor BBM Industri di Solo.

"Berdasarkan penuturan IW, kepada korban ia mengaku memiliki usaha di bidang BBM non-subsidi. Kemudian terjadi transaksi jual beli BBM antara korban dan pelaku," kata Purbo saat ditemui wartawan di Mapolresta Surakarta, Rabu (4/11).

Dia menerangkan, meski keduanya sudah cukup lama berkenalan, namun transaksi mulai bermasalah sejak Juli-September 2019. Saat beraksi, pelaku menggunakan modus menjual BBM non-subsidi dengan harga murah, sehingga tagihannya tidak sesuai.

"Pelaku ini juga harus tutup lubang gali lubang untuk membayar tagihan. Misalnya dia pesan 10 tangki di awal, sebelum tagihan pesanan ini selesai dia pesan lagi dan dijual lebih murah," ujarnya.

Pada pemesanan kedua, uangnya untuk membayar pesanan yang pertama. Demikian juga untuk pemesanan berikutnya. Dikarenakan pelaku menjualnya lebih murah, tagihan dari korban atau PT SHA semakin menumpuk hingga Rp 15 miliar.

"Sebenarnya pihak perusahaan sudah mendatangi IW untuk melakukan klarifikasi. Tetapi ia menjawab dengan tidak mengindahkan dan suka-suka dia," terangnya.

Lebih lanjut, Purbo menyampaikan, saat ini tersangka yang juga seorang komisaris sebuah perusahaan di Surabaya telah ditahan di Mapolresta Surakarta. Kepada petugas, pelaku mengaku menjual bbm tersebut ke wilayah Surabaya dan Kalimantan.

"Tersangka kita kenakan pasal 372 dan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara," pungkasnya. [fik]

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 04, 2020 at 11:33PM
https://ift.tt/3enPNt8

Ngaku Punya Bisnis, Wanita Surabaya Tipu Distributor BBM Industri Rp 15 Miliar | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ngaku Punya Bisnis, Wanita Surabaya Tipu Distributor BBM Industri Rp 15 Miliar | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.