Search

Biometric Digital Onboarding Solusi Bisnis Saat WFH - WartaEkonomi.co.id

WE Online, Jakarta -

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengimbau agar masyarakat Indonesia di seluruh lapisan melaksanakan kebijakan Social Distancing dengan beraktivitas, bekerja, belajar dan beribadah di rumah masing-masing  (WFH) guna memutus rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19. 

Namun di sektor Ekonomi, kebijakan tersebut menjadi paradoks bagi para pelaku usaha yang tidak siap mengandalkan sepenuhnya dengan kegiatan bisnis secara daring (online).

Lalu bagaimana dengan bisnis Penyedia Jasa Keuangan (PJK) di Indonesia? Apa yang dapat dilakukan agar proses bisnis tetap berjalan? Bisnis yang tidak siap secara digital akan menghadapi masa sulit atau bahkan hilang tenggelam dan ditengah situasi pandemik global COVID-19 ini. 

"Disrupsi Digital bukan lagi menjadi sebatas pergumulan teori. Penyedia Jasa Keuangan saat ini ditantang menghadirkan dan mengimplementasikan solusi agar bisnisnya tetap berjalan mulai dari Onboarding New Clients dan Keeping Existing Clients sehingga dapat menekan angka NPL dan Fraud dalam situasi apapun," ujar Robert Rompas, Komisaris PT Asli Rancangan Indonesia (ASLI RI).

Aplikasi Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik dan Liveness Test besutan ASLI RI dapat menjadi sosuli bagi Penyedia Jasa Keuangan dalam rangka membantu menjaga Onboading New Clients tetap berjalan. "Di sektor jasa keuangan, istilah Digital Onboarding mengacu pada proses pengajuan pembuatan rekening secara daring melalui website ataupun aplikasi telepon pintar,"tambah Rompas.

Lanjutnya,  ASLI RI menawarkan proses Digital Onboarding yang sangat mudah dan secured. Pertama, klien PJK memfoto Kartu Identitas yang akan terbaca secara otomatis oleh teknologi OCR (Optical Character Recognition). Kedua, klien diminta untuk melakukan foto selfie dan test Liveness untuk menentukan bahwa yang melakukan pengajuan adalah orang hidup bukan foto. Ketiga, seluruh data identitas dan foto selfie yang diambil akan diverifikasi secara biometrik kepada database pemerintah. Seluruh proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile di telepon pintar maupun melalui website yang selesai kurang dari dua menit. 

Dengan aplikasi ini, bisnis Penyedia Jasa Keuangan dapat terus berjalan, dapat terus Onboarding New Clients tanpa harus bertemu dan tetap dapat menekan Fraud dan angka NPL rendah, sehingga dalam masa Social Distancing, #DiRumahAja maupun Work from Home, bisnis dapat terus berjalan. Digital Onboarding dengan Verifikasi Biometrik akan menjadi kunci terobosan bagi para Penyedia Jasa Keuangan di masa sulit ini.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 26, 2020 at 07:10PM
https://ift.tt/2WJJ71y

Biometric Digital Onboarding Solusi Bisnis Saat WFH - WartaEkonomi.co.id
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Biometric Digital Onboarding Solusi Bisnis Saat WFH - WartaEkonomi.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.