Search

Sisi Lain Wabah Corona, Bisnis-Bisnis Ini Malah 'Terbang' - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak negara di dunia termasuk Indonesia memfokuskan anggaran belanja ke bidang kesehatan untuk penanganan wabah virus corona (COVID-19).

Ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Drajad Wibowo menilai saat ini penanganan corona berdampak positif bidang ekonomi khususnya sektor kesehatan. Belanja pemerintah dan masyarakat banyak tercurah ke kesehatan.

"Dalam kondisi ancaman wabah seperti ini sebenarnya cara menyelamatkan ekonomi adalah public health spending, belanja kesehatan masyarakat besar-besaran," kata Dradjad, lewat diskusi teleconference Indef, Selasa (24/3/2020).

Presiden Jokowi sudah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Pemerintah berencana merealokasi dana senilai Rp62,3 triliun dari APBN untuk menangani virus corona yang semakin menyebar di Indonesia.

Nilai sebesar itu bisa membangkitkan pertumbuhan ekonomi di bidang kesehatan. Dradjad menilai berbagai sektor industri lain bisa diberdayakan dalam pencegahan penyebaran virus corona, di antaranya adalah manufaktur yang masih terkait.

"Sebagai contoh, kalau bangun ruang isolasi di Rumah Sakit maka otomatis ruang isolasi perlu AC (air conditioner) sendiri. Otomatis tingkatkan permintaan AC, kemudian kasur di rumah sakit akan banyak permintaan tumbuh, dan itu picu industri. Dan apabila lakukan sektor besar-besaran, akan picu industri-industri lanjutan," ungkap Drajad.

Ia pun menyoroti sektor farmasi. Ternyata ada peluang lain, misal ketika pemerintah daerah bisa menggunakan penyemprotan disinfektan secara maksimal, maka ada dua manfaat yang muncul. Pertama, penyebaran virus corona bisa dihentikan, kemudian permintaan alkohol bisa juga meningkat.

"Di tengah ancaman krisis ekonomi, penanganan wabah bisa menjadi motor. Otomatis kalau permintaan alkohol udah tumbuh, banyak Pemda spending (mengeluarkan biaya) sehingga ekonomi berputar," katanya.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 24, 2020 at 07:30PM
https://ift.tt/3bmyEx6

Sisi Lain Wabah Corona, Bisnis-Bisnis Ini Malah 'Terbang' - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sisi Lain Wabah Corona, Bisnis-Bisnis Ini Malah 'Terbang' - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.