Search

Historia Bisnis: Indonesia Hampir Alami Ketergantungan Impor CPO - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Saat ini, Indonesia bisa dibilang sebagai rajanya produk sawit dunia baik sebagai produsen dan eksportir. Namun, sejarah mencatat, RI pernah hampir merasakan ketergantungan impor terhadap komoditas tersebut.  

Seperti diketahui dalam tiga tahun terakhir Indonesia menjadi produsen dan eksportir minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) terbesar dunia. Produsen CPO Indonesia bahkan telah ‘menjajah’ berbagai negara mitra, sebut saja India, Uni Eropa dan China.

Namun jika menarik ke belakang, tepatnya pada medio 1994, pemerintah pernah berencana terus menambah impor CPO. Wacana itu diungkapkan oleh Perum Badan Urusan Logistik (Persero) atau Bulog.

Berdasarkan pemberitaan Koran Bisnis Indonesia edisi 7 September 1994, Menteri Urusan Pangan/Kepala Bulog Ibrahim Hasan mengungkapkan bahwa rencana impor CPO bukanlah bualan semata. Menurutnya, rencana itu sangat mungkin untuk dilakukan.

Langkah Ibrahim tersebut bukanlah tanpa alasan. Adanya produsen minyak goreng dalam negeri yang menjual produknya dengan harga tidak wajar menjadi dasar sang Kepala Bulog mengeluarkan ancaman tersebut.

“Bulog siap mengimpor CPO bila ternyata pengenaan pajak ekspor tidak efektif menekan harga minyak goreng di dalam negeri,” ujarnya seperti dikutip dari Koran Bisnis Indonesia edisi 7 September 1994.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
September 07, 2020 at 09:07PM
https://ift.tt/2R05XOv

Historia Bisnis: Indonesia Hampir Alami Ketergantungan Impor CPO - Bisnis.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Historia Bisnis: Indonesia Hampir Alami Ketergantungan Impor CPO - Bisnis.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.