KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momentum Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi beberapa industri bisnis. Salah satu bisnis yang mendulang keuntungan dari momentum Lebaran ini yaitu industri asuransi umum. Terlebih di tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan kembali mudik bagi masyarakat yang berpengaruh terhadap permintaan asuransi.
Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Bern Dwyanto menyampaikan, pada momen Lebaran 2021 peningkatan diperkirakan pada lini bisnis asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi Kesehatan.
"Kelonggaran pemerintah mengenai mudik lebaran berpengaruh terhadap mobilitas penduduk yang akan mempengaruhi permintaan asuransi perjalanan maupun kecelakaan diri," tutur Bern kepada kontan.co.id, Kamis (7/4).
Baca Juga: Asuransi Mengebut Spin Off Unit Syariah
Sebagai gambaran, produksi kendaraan pada Januari-Februari 2022 meningkat 49,6%. Di tahun 2021 totalnya 153.993 unit, menjadi sebanyak 230.389 unit di tahun 2022. Demikian pula dengan retail sales kendaraan meningkat 47,2%, dengan total di tahun 2021 sebanyak 100.938 unit, meningkat menjadi 148.556 unit di tahun 2022.
Hal ini disebut Bern, menunjukkan peningkatan yang signifikan yang akan berpengaruh terhadap peningkatan premi asuransi kendaraan. Selain itu, pandemic covid-19 mengajarkan kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan dan menjaga Kesehatan, hal ini dapat memicu meningkatnya premi asuransi Kesehatan sebagai proteksi diri sendiri, juga perekonomian yang sudah mulai tumbuh.
"Dari keempat hal tersebut di atas, diproyeksikan premi asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan diri, dan asuransi Kesehatan akan meningkat lebih baik dari tahun sebelumnya," ujar Bern.
Bern menjelaskan, dalam mencapai target pada momentum Lebaran tahun ini, perusahaan asuransi melakukan strategi peningkatan dan memperluas Literasi dan inklusi asuransi kepada masyarakat melalui kelompok masyarakat kecil hingga masyarakat besar.
Selain itu, melakukan kerjasama dengan dealer dan perusahaan pembiayaan lebih ditingkatkan, membuat dan menjual produk bundling jangka pendek (seasonal) khusus lebaran, dan melakukan promosi yang tepat sasaran.
Baca Juga: Bisnis Asuransi Umum di Indonesia Masih Menarik Perhatian Investor Asing
Sementara itu, PT Asuransi Bintang Tbk mengaku pada momentum Lebaran tahun ini, pergerakan pertumbuhan bisnis di perusahaan diperkirakan ada di properti, pengangkutan dan lini bisnis aneka.
"Kebutuhan masyarakat untuk penutupan asuransi properti, pengangkutan dan aneka jelang lebaran optimis meningkat. Peningkatan ini kami peroleh dari kerjasama melalui kanal distribusi Broker, Bank dan Perusahaan Pembiayaan," kata Direktur Asuransi Bintang Reniwati Darmakusumah.
Dalam mencapai target pada momentum Lebaran tahun ini, perusahaan tetap menjaga kualitas pelayanan dan kecepatan proses penutupan, karena menjadi hal penting yang harus diperhatikan.
"bisnis" - Google Berita
April 09, 2022 at 08:15AM
https://ift.tt/XsYk2Ep
Lebaran Menjadi Berkah Bagi Bisnis Asuransi Umum - KONTAN
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/KTaHhBd
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Lebaran Menjadi Berkah Bagi Bisnis Asuransi Umum - KONTAN"
Post a Comment