Search

Mengintip Deretan Bisnis Anti Mainstream Garapan Christian Sugiono - detikFinance

Jakarta -

Christian Sugiono memiliki dua dunia dalam hidupnya, pertama dikenal sebagai aktor dan mungkin jarang yang tahu dia juga seorang pebisnis. Deretan bisnisnya yang dibangun pun cukup banyak dan variatif.

Dia bercerita, awalnya baru memiliki satu perusahaan yang berfokus pada web design development. Bisnis itu dia buat bersama rekannya di Indonesia.

Kemudian, bisnis itu digarap dan dikembangkan menjadi sebuah media online company tepatnya pada 2010 silam. Adapun konten yang dibuat dari mulai artikel hingga video.

"Jadi, teknologi bisnis atau startup ini selalu gue pegang dan gue jalankan. Di mana gue Christian langsung di dalamnya sebagai CEO yang gue ke kantorlah di startup ini. Pertama kali, malesbanget.com online media company," katanya dalam acara Ask d'Boss detikcom, Selasa (25/4/2022).

Dia juga pernah membangun startup yang membuat platform online dating atau kencan daring. Startup itu dibangun bersama dua rekannya, namun akhirnya diakuisisi oleh perusahaan Singapura.

"Startupnya juga gue pernah gabung bersama Razi Thalib dan Kevin Aluwi. Kevin sekarang dia CEO Gojek, kita pernah bikin online dating. Tetapi akhirnya sudah akuisisi oleh perusahaan Singapura jadi kita udah exit," katanya.

Kini, Christian juga memimpin startup yang bergerak sebagai toko online yang menyewakan barang-barang. Platform itu bernama cumi.id. "Nah ini yang di digital bisnis, di startup," lanjutnya.

Sementara di bisnis di sektor lain ada kuliner yakni bisnis makanan Ayam Jerit. Bisnis itu digarap bersama istrinya Titi Kamal.

Kemudian, Christian juga berbisnis di dunia properti. Konsepnya untuk bisnis properti ini bukan jual-beli. Tetapi dengan dia membeli beberapa villa di Bali dan dijadikan penginapan untuk wisatawan.

"Dan itu passive income-nya bagus banget. Sehingga gue gulung terus-gue gulung terus, ada beberapa properti di Bali," ucapnya.

Segmen bisnis kosmetik juga ada, namun Christian mengaku hanya sebagai investor dan mengawasinya. Mengingat bisnis itu merupakan garapan dari istrinya.

"Sekarang ada bisnis kosmetik sekarang Kamalia Beauty namanya, itu namanya Titi. Itu bisnis cewek, gue lebih ke invest dana lebih melihat dari atas melihat overview-nya," tuturnya.

"Karena sejujurnya itu bisnis yang produknya gue ga bisa coba juga, jualannya lipstik. Gue nggak tahu mana yang bagus dan nggak, tetapi kelihatannya bagus nih lipstik. Jualan kosmetik itu lumayan di Indonesia, asal dengan harga tertentu," lanjutnya.

Terakhir, selain sebagai founder sebuah startup, Christian juga senang berinvestasi di beberapa startup. Salah satunya dia juga sebagai investor di perusahaan Korea yang memiliki produk kosmetik bernama Althea.

"Kemudian ada beberapa lainnya lah yang gue juga invest juga juga di beberapa perusahaan, perusahaan di Korea, ada perusahaan kosmetik nama Althea, gue sebagai investor dan juga ada bisnis temen yang gue invest dan bisnis lain," tutupnya.

(eds/eds)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 26, 2022 at 10:57AM
https://ift.tt/h40klQU

Mengintip Deretan Bisnis Anti Mainstream Garapan Christian Sugiono - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/Zh16Coa
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengintip Deretan Bisnis Anti Mainstream Garapan Christian Sugiono - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.