Search

Penulisan Pesan Persuasif dalam Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Persuasi merupakan salah satu strategi komunikasi yang penting dalam berinteraksi dengan orang lain. 

Selain sebagai alat komunikasi, peruasi juga mampu memengaruhi dan meyakinkan orang lain. 

Dikutip buku Bahan Ajar Bahasa Indonesia (2022) oleh Mansur M dan Amin Tunda, persuasif adalah ungkapan yang bertujuan membujuk dan merayu, artinya membujuk orang lain agar mau mengikuti atau membli produk yang diiklankan.

Secara lebih sederhananya, persuasif biasanya digunakan seorang penjual untuk memberikan pilihan sekaligus mengajak seorang pembeli untuk setuju membeli produknya. 

Pesan persuasif seorang penjual biasanya harus melalui beberapa tahapan sebelum menyampaikannya kepada pembeli.

Baca juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, dan Fungsi

Hal ini agar pesan persuasif tersebut dapat ditangkap secara efektif oleh pembeli dan pada akhirnya pembeli setuju dan terbujuk oleh pesan tersebut.

Biasanya, penjual harus melakukan analisis audiens terlebih dahulu sebelum menyampaikan pesan persuasif. 

Analisis audiens 

Analisis audiens dalam pesan persuasif memiliki tujuan yaitu setiap orang punya kebutuhan yang berbeda sehingga kita sebagai penjual harus memahami dan mengenal apa saja kebutuhan target yang harus kita siapkan untuk pembeli.

Setelah mengetahui dan mengenal audiens yang disasar, langkah selanjutnya adalah menyampaikan pesan dengan menghubungkan minat dan hasrat audiens. 

Ada beberapa pertanyaan-pertanyaan yang juga bisa disiapkan dalam menganalisis audiens, seperti: 

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
June 03, 2022 at 03:00PM
https://ift.tt/dEMNbV7

Penulisan Pesan Persuasif dalam Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/V83uRbB
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penulisan Pesan Persuasif dalam Bisnis - Kompas.com - KOMPAS.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.