Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gauthama
KOMPAS.com - Dalam bisnis, konsumen mengambil peranan penting agar produk yang ditawarkan mendapat respons positif dari pembeli. Itulah mengapa, penting agar kita mempertimbangkan setiap kebutuhan konsumen dalam perencanaan bisnis.
Jika membeli atau menggunakan produk kita secara berulang-ulang, artinya konsumen itu loyal. Ada beberapa faktor yang bisa membuat konsumen loyal, misalnya kepuasan harga dan kualitas dari produk atau jasa.
Terlebih, konsumen di e-commerce yang beragam, pastinya cukup sulit untuk mempertahankannya. Oleh karena itu, Hadi Kuncoro, Founder Powercommerce.asia, dalam siniar Smart Inspiration bertajuk “Loyalitas Konsumen Bisa Dibeli?” mengungkapkan alasannya.
Loyalitas konsumen sangat berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis. Faktanya, meskipun bisnis kita hanya memiliki 5 persen konsumen loyal, hal tersebut nyatanya berdampak besar pada keuntungan bisnis, mulai dari 25 hingga 95 persen.
Konsumen yang loyal akan membeli produk secara berulang. Mereka bahkan cenderung berbelanja lebih sering, daripada pelanggan baru. Hal ini dikarenakan mereka sudah memiliki pengalaman yang baik terhadap produk atau jasa kita.
Memiliki pelanggan yang setia, juga akan membantu kita merencanakan strategi bisnis ke depannya agar lebih baik dan sesuai.
Agar mampu menumbuhkan loyalitas konsumen, perlu ada kiat-kiat khusus yang harus kita lakukan. Melansir Business News Daily, berikut cara menumbuhkan loyalitas konsumen.
Kenali Konsumen
Meskipun tergolong remeh, tapi mengenali nama dan kebiasaan membeli mereka sangat diperlukan. Perlakukan mereka sebagai seorang teman, bukan hanya sebagai pelanggan.
Misalnya, pada hari ulang tahun mereka, kita dapat mengirimi mereka pesan ulang tahun yang dipersonalisasi dengan penawaran khusus.
Baca juga: Hak-hak Konsumen Menurut UU Perlindungan Konsumen
"bisnis" - Google Berita
June 13, 2022 at 12:00PM
https://ift.tt/imUVqY3
Bagaimana Menjaga Loyalitas Konsumen agar Bisnis Tetap Eksis? - Kompas.com - Kompas.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/iJlFbPD
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Bagaimana Menjaga Loyalitas Konsumen agar Bisnis Tetap Eksis? - Kompas.com - Kompas.com"
Post a Comment