Search

Ingin Memulai Bisnis, Simak Tips Membangun Kepercayaan Konsumen | merdeka.com - merdeka.com

Kamis, 12 Maret 2020 08:00 Reporter : Merdeka
Ingin Memulai Bisnis, Simak Tips Membangun Kepercayaan Konsumen Ilustrasi bisnis. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/violetkaipa

Merdeka.com - Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya untuk berbisnis. Dengan adanya kepercayaan, maka bisnis Anda pasti akan terus berkembang, karena telah dipercaya banyak orang.

Membangun fondasi kepercayaan membutuhkan waktu. Namun, ini bisa hancur hanya dalam waktu beberapa menit. Maka dari itu, untuk membangun sebuah usaha, Anda membutuhkan orang lain sebagai dukungan.

Situasi yang tidak nyaman sebenarnya adalah peluang untuk membangun kepercayaan, maka dari itu jangan menghindar dari orang lain atau rekan bisnis Anda, melainkan gunakan mereka untuk kunci atau jalan menuju keberhasilan.

Berikut tiga komitmen yang bisa Anda terapkan dalam bisnis, agar orang lain baik konsumen, rekan bisnis, dan lainnya, bisa percaya pada bisnis Anda, dilansir dari laman Entrepreneur.com.

1 dari 3 halaman

Tepati Janji dan jujur

dan jujur rev1

Jika Anda sudah membuat janji dengan rekan bisnis untuk mendiskusikan kerjasama, atau dengan calon pegawai untuk melakukan wawancara, atau janjian dengan konsumen yang lainnya maka tepatilah. Kalaupun Anda tidak bisa menepati janji itu, maka harus jujur dengan alasan membatalkan pertemuan itu.

Karena, apabila Anda melakukan pembatalan sepihak, hal itu akan membuat rekan bisnis, calon pegawai, dan konsumen merasa sangat dirugikan. Apalagi jika janji tersebut dibatalkan secara sepihak dan tiba-tiba, sungguh hal itu membuat Anda kehilangan peluang bisnis.

Kendati begitu, jika memang Anda harus membatalkan janji, maka harus bisa membangun suatu hubungan lagi untuk mengatur ulang pertemuan kembali, supaya peluang tadi tidak pergi dan hilang begitu saja.

2 dari 3 halaman

Mengakui kesalahan

rev1

Apabila Anda membuat suatu kesalahan, maka harus dengan jujur dan berani mengakui kesalahan itu, dan rendah hatilah untuk meminta maaf atas kesalahan yang ternyata bisa merugikan orang lain.

Karena Anda tidak pernah tahu sejauh mana kesalahan yang dibuat, maka dari itu harus meminta orang lain baik rekan bisnis, konsumen, dan lainnya untuk mengoreksi kesalahan itu, supaya ke depannya tidak terjadi masalah serupa.

Selain itu, Anda juga harus tanggung jawab terkait kesalahan yang ada buat, jangan lepas tangan begitu saja, karena hal itu bisa merusak kepercayaan orang lain.

Memang kesalahan bersifat universal, dan ada batas tertentu, tidak dapat dihindari. Kesalahan terjadi setiap saat, tentu semua orang juga mengerti itu. Begitulah cara Anda merespons mereka yang penting di mata orang lain.

3 dari 3 halaman

Terus terang tentang motif Anda

tentang motif anda rev1

Banyak perusahaan dan memiliki banyak pegawai, namun banyak kasus karyawan yang mengundurkan diri secara tiba-tiba, begitupun dengan bos yang tiba-tiba memutus kerja dengan pegawainya tanpa alasan. Hal itu sungguh membuat orang yang bersangkutan akan kecewa dan tentunya kaget.

Maka dari itu, jika Anda seorang bos maupun pegawai, maka harus dengan berani menjelaskan alasan keluar dari pekerjaan itu atau saat ingin memecat pegawai.

Dengan cara ini, Anda menjaga kepentingan terbaik mereka, tidak ada cara yang lebih baik untuk membangun hubungan jangka panjang yang sukses.

Ketika Anda memutuskan sudah waktunya untuk pergi dan pindah dari pekerjaan Anda saat ini, bersedia menjelaskan alasannya. Bos Anda akan menghargainya, dan dengan melakukan itu, Anda mempertahankan kemungkinan bekerja sama di masa depan.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Jangan Sepelekan Keseimbangan Hidup dan Pekerjaan, Berikut Manfaatnya
Gaji Cepat Habis, Ini 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Habiskan Uang
Tiru 4 Kebiasaan Ini Jika Ingin Sukses
Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Memutuskan Jadi Manajer

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 12, 2020 at 08:00AM
https://ift.tt/2IRjmEB

Ingin Memulai Bisnis, Simak Tips Membangun Kepercayaan Konsumen | merdeka.com - merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ingin Memulai Bisnis, Simak Tips Membangun Kepercayaan Konsumen | merdeka.com - merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.