Search

Bangun Bisnis Makanan, Ini 5 Kunci Sukses ala Ny. Swan Founder Dapur Solo - Suara.com

Suara.com - Situasi pandemi saat ini menghadirkan berbagai tantangan bagi bagi banyak orang. Mereka harus putar otak demi mendapatkan penghasilan lebih.

Bisnis makanan merupakan salah satu peluang yang bisa dilirik. Tidak sedikit masyarakat yang mengambil inisiatif untuk memulai bisnisnya sendiri dari rumah, dengan menawarkan berbagai menu khas Indonesia yang tergolong mudah dan disukai.

Hal ini mengingatkan pada sebuah kisah sukses. Pada tahun 1988, founder rumah makan Dapur Solo Karina Rosalin Kumarga, yang akrab disapa Nyonya Swan, melakukan hal tersebut. Ia memulai bisnisnya dari garasi rumah, hanya dengan modal Rp100 ribu.

Ny. Swan menghadirkan makanan khas Solo dan Jawa Tengah, yang dinilainya telah akrab di lidah pelanggan.

Baca Juga: Mau #JajananLokal Jakarta Tanpa Takut Boros? Yuk Manfaatkan Promo Cashback ShopeePay 60%

Setelah 33 tahun, semangat dan kerja kerasnya berhasil dan berbuah manis. Bisnis rumahannya kini menjadi rumah makan terkenal, yang kini memiliki 42 cabang restoran di Jakarta dan sekitarnya.

Kini nama Dapur Solo sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, dan identik dengan menu kuliner khas Solo dan Jawa Tengah, serta menu kuliner Nusantara lainnya. Garang Asem Ayam, Lontong Solo, dan Asem-asem Iga telah menjadi menu favorit Dapur Solo.

Apa rahasia suksesnya?

Menurut Ny. Swan, ada lima kunci sukses yang ia pegang teguh dalam membangun dan mengembangkan Dapur Solo.

Berikut tips langsung dari Ny. Swan untuk para wirausahawan baru di tengah pandemi:

Baca Juga: Wearinasia Hadirkan Suunto 9 Peak, Dapatkan Cashback hingga 100% di ShopeePay

Bersikap optimistis dan penuh semangat
Menurut Ny. Swan, keberhasilan seorang pengusaha bergantung kepada keuletannya dalam memecahkan masalah. Tantangan pasti akan datang ketika terjun ke dunia bisnis. Maka dari itu, ia menjelaskan, seorang pengusaha wajib bersikap optimistis dan bersemangat tinggi. “Menjadi pengusaha harus passionate atau bersemangat dalam membangun bisnis. Semangat adalah hal yang akan membuat seseorang menjadi ulet dalam bekerja, dan semangat itu juga yang akan menimbulkan rasa pantang menyerah yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis,” jelasnya.

Pandai berpromosi
Satu kepastian yang akan datang ketika berbisnis adalah naik turunnya jumlah omzet dan karyawan. Namun pengusaha yang pasti berhasil, menurut Ny. Swan, adalah mereka yang pandai mencari ide untuk berpromosi. “Ketika omzet menurun, kita harus pandai berpromosi dan memanfaatkan media sosial yang bisa digunakan. Di awal saya merintis bisnis, saya membuat brosur dan menyebarkannya sambil mengantarkan pesanan pelanggan dari rumah ke rumah menggunakan sepeda. Di zaman modern sekarang ini, kita harus kreatif dan memanfaatkan internet untuk mengembangkan bisnis kita,” tambahnya.

Pandai bergaul dan berteman dengan siapapun
Selama 33 tahun membangun Dapur Solo, Ny. Swan selalu menganggap bahwa pelanggan yang datang adalah teman. Hal ini mendorongnya untuk bersikap ramah kepada siapapun. “Sejak saya baru memiliki satu cabang di Sunter, saya selalu memperlakukan setiap pelanggan sebagai teman. Menyapa dan bercengkrama dengan mereka dengan akrab, layaknya dengan seorang teman. Hal ini menimbulkan rasa kekeluargaan bagi pelanggan yang datang ke Dapur Solo, dan bisa menimbulkan kesetiaan. Selain rasa makanannya yang enak, rasa kekeluargaan juga bisa membuat pelanggan datang kembali ke bisnis kita,” jelas Ny. Swan.

Manfaatkan momen tanggal cantik dan kesempatan bekerjasama
Ny. Swan menjelaskan bahwa setidaknya anggaran dana marketing untuk suatu bisnis adalah 1-3 persen dari omzet yang masuk. Namun di luar itu, pemilik bisnis juga bisa menumbuhkan penjualan melalui keikutsertaan dengan program kampanye tanggal cantik dari penyedia layanan pembayaran digital seperti ShopeePay.

“Di masa pandemi, penjualan dine-in Dapur Solo mengalami penurunan. Namun, dengan adanya kampanye tanggal cantik ShopeePay, jumlah transaksi menggunakan ShopeePay bisa meningkat hingga 120 persen,” tutur Ny. Swan. Ia pun mengaku bahwa di situasi pandemi, bisnisnya sangat terbantu dengan adanya layanan pesan antar seperti ShopeeFood, yang turut menghadirkan beragam promo menarik.

Bulan ini, Dapur Solo kembali berpartisipasi di kampanye tanggal cantik ShopeePay 8.8 Juara Cashback. Pada kampanye tersebut, beragam menu Dapur Solo dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp88. Pada promo puncak yang berlangsung pada 8 Agustus, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp1.

Anggap pekerjaan sebagai hobi
Tidak ada pekerjaan yang tidak menimbulkan tekanan. Namun, Ny. Swan memiliki satu prinsip untuk mengatasi hal tersebut. “Kita harus menganggap bahwa pekerjaan itu hobi. Dengan demikian, tidak akan terasa ada tekanan ketika kita bekerja. Hal itu yang saya terapkan selama saya membangun Dapur Solo. Saya terbiasa bekerja selama 14 jam per harinya, dan saya menganggapnya sebagai hobi. Setiap hari saya tidur jam 10 malam dan bangun jam 4 pagi demi bekerja dan mengembangkan Dapur Solo. Jika kita ulet dalam bekerja, pasti kesuksesan akan datang menghampiri kita,” jelas Ny. Swan.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
August 07, 2021 at 12:32PM
https://ift.tt/3fEMDmH

Bangun Bisnis Makanan, Ini 5 Kunci Sukses ala Ny. Swan Founder Dapur Solo - Suara.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bangun Bisnis Makanan, Ini 5 Kunci Sukses ala Ny. Swan Founder Dapur Solo - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.