KOMPAS.com - Influencer adalah salah satu strategi pemasaran yang tengah booming beberapa tahun terakhir, terutama sejak melonjaknya pengguna media sosial.
Dikutip dari Influencer Marketing Hub, arti influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan kepada orang lain karena ia memiliki otoritas, pengetahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan publik atau audiens.
Dalam marketing bisnis, arti influencer adalah mereka yang bisa mempengaruhi orang untuk ikut membeli produk tertentu. Influencer adalah metode promosi yang terbilang efisien, karena setiap orang-orang yang dianggap influencer bisa menyasar ceruk pasar yang lebih spesifik.
Influencer adalah banyak berasal dari kalangan artis, youtuber, blogger, penulis buku, dan mereka yang dianggap punya peran penting dalam komunitas tertentu.
Baca juga: Apa itu Endorse dalam Strategi Pemasaran?
Para influencer ini dianggap orang terkenal di media sosial karena memiliki ratusan ribu pengikut atau follower, bahkan jutaan pengikut.
Jasa endorse
Hukum yang berlaku bagi influencer adalah, semakin banyak jumlah pengikut di media sosial, lazimnya semakin besar pula tarif yang dikenakan untuk jasa endorse.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email
Dalam periklanan, endorse artinya menggunakan nama orang terkenal atau bisa berupa gambar orang terkenal untuk mempromosikan suatu produk atau layanan.
Dengan dukungan dari influencer yang memiliki banyak pengaruh, diharapkan dapat mempengaruhi penjualan. Iklan endorse adalah strategi yang terbilang baru populer dalam beberapa tahun terakhir.
Baca juga: Apa Itu Retail: Definisi dan Karakteristik Bisnisnya
Beberapa produk yang biasanya cukup berhasil dipromosikan lewat strategi endorse adalah produk atau layanan yang terkait gaya hidup.
Ini karena para pengikut, cenderung mudah mengikuti sikap dan perilaku dari para tokoh panutannya tersebut. Selain itu, produk yang diiklankan via endorsement selebgram juga lebih terukur.
Misalnya, untuk endorsement produk kosmetik, tentulah bisa menggunakan influencer wanita yang jumlah pengikutnya sebagian besar kaum hawa. Para influencer yang dipilih juga harus identik dengan produk masker.
Engagement rate
Namun demikian dalam endorsement, besarnya jumlah pengikut tak serta merta lebih efektif dibanding selebgram dengan jumlah pengikut lebih sedikit.
Baca juga: Apa Itu Stakeholder: Definisi dan Perannya dalam Perusahaan
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan iklan endorsement. Faktor kesuksesan endorse dari influencer adalah salah satunya kedekatan selebgram dengan para pengikutnya.
Itu sebabnya, tolak ukur keberhasilan dalam iklan memalui arti influencer adalah melalui engagement rate. Engagement rate adalah nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial.
Semakin tinggi nilai engagement rate, semakin besar pula peluang keberhasilan endorsement. Angka engagement juga bisa menyeleksi jumlah pengikut palsu atau fake account.
Kegiatan endorsement juga tidaklah rumit atau memerlukan prosedur panjang. Biasanya, pengiklan hanya perlu menghubungi sang influencer melalui pesan singkat atau direct message untuk kemudian dilanjutkan dengan transaksi.
Baca juga: Apa Itu Wirausaha dan Kewirausahaan?
Sebelum ramainya penggunaan medsos, influencer sebenarnya sudah banyak digunakan terutama pada media iklan televisi. Para influencer dilibatkan dalam sebagai 'duta iklan' seperti pemain sepak bola yang menjadi aktor dalam iklan produk-produk olahraga hingga minuman energi.
Simak artikel tentang endorse dalam tautan berikut, dan tips dalam bisnis jual beli online dalam tautan berikut.
"bisnis" - Google Berita
August 26, 2021 at 09:19AM
https://ift.tt/3jfrx0k
Arti Influencer dan Manfaatnya dalam Promosi Bisnis - Kompas.com - Kompas.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Arti Influencer dan Manfaatnya dalam Promosi Bisnis - Kompas.com - Kompas.com"
Post a Comment