Search

Bisnis Hotel Cepat Dihantam Corona, Butuh Setahun Pulih - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan pengusaha di sektor perhotelan memperkirakan butuh waktu lama untuk membuat sektor ini pulih. Penyebabnya, daya beli masyarakat harus lebih dulu dipulihkan.

Walaupun nantinya sektor perhotelan bisa kembali membuka usaha atau operasi seperti semula, permintaan belum tentu akan langsung meningkat. Dengan kata lain, okupansi hotel belum tentu bisa langsung tinggi.

Kapan sektor perhotelan kembali pulih?


"Kita perkirakan sejak dinyatakan wilayah tersebut bebas virus COVID-19. Perkiraan kami butuh waktu 6 bulan untuk pulih dari 0 secara bertahap. 6-12 bulan sampai dia berjalan normal," kata Ketua Umum Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, kepada CNBC Indonesia, Selasa (7/4).

Rentang tersebut menjadi waktu transisi. Sembari hotel meraba-raba kultur daya beli masyarakat yang berangsur pulih. "Nggak mungkin abis tutup tiba-tiba bisa mengejar, nggak mungkin. Karena customer juga dalam kondisi nggak punya dana," sebut pria yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini.

Kondisi tersebut baru bisa terjadi setelah semua pulih. Sedangkan saat ini masih jauh dari harapan. Haryadi menyebut ribuan hotel harus menutup diri akibat wabah virus corona.

"Kalau untuk laporan terakhir yang dinyatakan tutup itu 1.226 (hotel) per kermain sore, kalau yang rill lebih banyak karena kita hanya berdasarkan yang lapor saja," sebut Hariyadi.

Akibatnya, banyak pekerja yang harus kehilangan mata pencaharian. Perusahaan memutuskan pekerja karena merasa tidak ada lagi pendapatan yang memadai dari jalannya roda bisnis. Jumlah pekerja yang terdampak dari hari ke hari pun kian mengkhawatirkan.

"Kalau jumlah tenaga kerja belum secara spesifik mendapatkan data yang lebih akurat, tapi kita perkirakan lebih dari 150.000 orang," sebut Hariyadi.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 07, 2020 at 04:43PM
https://ift.tt/2RjJxIo

Bisnis Hotel Cepat Dihantam Corona, Butuh Setahun Pulih - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisnis Hotel Cepat Dihantam Corona, Butuh Setahun Pulih - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.