Search

Mulai Bisnis di Tengah Corona, Ada Pembelinya Nggak Ya? - Detikcom

Jakarta -

Banyak pekerja yang kehilangan pemasukan saat pandemi COVID-19. Menjadi wirausaha bisa jadi adalah jalan keluarnya. Tapi kerap kali kita dihadapkan pertanyaan, kalau sudah mulai berbisnis, ada pembelinya atau tidak?

Pakar marketing Hermawan Kartajaya punya tips sederhana untuk mencari konsumen. Tak perlu muluk-muluk, kita bisa mulai dari keluarga, kerabat, bahkan tetangga untuk menawarkan barang dagangan.

"Kalau Anda belum punya customer, cari saja customer yang dekat-dekat sama Anda, family and friends, and neighbor," kata dia melalui Live IG Tolak Miskin di Instagram @detikcom, Kamis (23/4/2020).

Pada tahap awal tak perlu pusing memikirkan untuk membuat akun media sosial yang besar demi mendapatkan konsumen yang banyak. Hal itu bisa dilakukan ketika bisnis mulai berkembang.


"Jualah kepada family and friend, yang tahu kita, yang nggak susah-susah lah. Jangan kemana, kemana, kemana, buka di sosial media dan sebagainya, kalau pada awalnya. Tapi kalau memang mau bertahan, akhirnya pakai sosial media gede-gedean, menunya ditambah lagi, atau yang dijual ditambah lagi dan sebagainya," jelasnya.

Untuk permulaan, paling tidak hasil dari bisnis yang mulai dirintis cukup untuk mengisi perut sendiri dan keluarga setiap harinya. Misalnya bisnis katering yang cocok digarap di bulan Ramadhan.

"Paling ndak kalau kita bisa mulai bisnis katering kecil-kecilan, paling nggak bisa makan nggak bayar. Makan keluarga itu bisa kita tanggung dari hasil itu. Sekalian masak, dimakan sendiri untuk mereka," ujarnya.

Ketika kita memutuskan untuk mendalami bisnis tersebut maka harus mulai untuk berpikir lebih jauh.

"Kalau memang mau berlanjut mesti preparing, pelajari bisnis katering itu kayak apa, kompetitornya seperti apa dan sebagainya. Dan akhirnya, kalau memang mau actualising betul-betul akhirnya jadi gede, ya itu lain lagi ceritanya," tambahnya.

Simak Video "Hermawan Kartajaya Ramal Ekonomi RI Kembali Normal di Kuartal Keempat 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 23, 2020 at 08:43PM
https://ift.tt/2KsdsdB

Mulai Bisnis di Tengah Corona, Ada Pembelinya Nggak Ya? - Detikcom
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mulai Bisnis di Tengah Corona, Ada Pembelinya Nggak Ya? - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.