Keberhasilan dalam bisnis dihitung dari keuntungan yang diraih dari hasil penjualan produk. Semakin laris bisnismu, hal itu bisa menggambarkan kesuksesan pemasaran produkmu.
Oleh karena itu, aspek pemasaran merupakan hal yang tak boleh diabaikan oleh para pengusaha. Sebab, kegiatan pemasaran produk menjadi salah satu kunci keberhasilan produkmu dikenal, dikonsumsi hingga akhirnya mendapatkan pelanggan loyal.
Hal ini tentunya akan mempengaruhi kontinuitas produksi, penjualan produk, hingga kesuksesan bisnismu. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam aspek pemasaran dalam bisnis?
Simak selengkapnya di bawah ini ya!
Pengertian Aspek Pemasaran
Mengutip bahan ajar Esa Unggul, pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan (probe) konsumen, menghasilkan barang dan jasa sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat konsumen (place).
Sementara itu, menurut Aplus Topper, aspek pemasaran digunakan untuk memutuskan sejauh mana produk yang dihasilkan dibutuhkan atau diminta konsumen. Selain itu aspek pemasaran digunakan untuk merencanakan pemasangan iklan yang akan membantu produk dijangkau dan dikenali oleh konsumen.
Tujuan Aspek Pemasaran
Mengutip Aplus Topper berikut tujuan dari aspek pemasaran:
- Untuk membuat, mempertahankan dan meningkatkan keuntungan di tahun berikutnya.
- Meningkatkan perhatian tentang produk dan meningkatkan penjualan minimal 10% di tahun berikutnya.
- Untuk menyusup ke pasar baru.
- Mengenali sumber pendapatan tambahan dan keuntungan pembukaan pengembangan usaha di lokasi baru.
Aspek Pemasaran yang Wajib Diketahui Pengusaha
Mengutip Aplus Topper berikut aspek pemasaran yang wajib diketahui pengusaha, di antaranya:
1. Strategi Pemasaran
Mengutip Investopedia, strategi pemasaran mengacu pada keseluruhan rencana permainan bisnis untuk menjangkau calon konsumen dan mengubah mereka menjadi pelanggan produk atau jasa. Strategi pemasaran berisi proposisi nilai perusahaan, data demografi pelanggan, sasaran, pesan kunci merek, dan elemen lainnya.
Cara untuk menyusun strategi pemasaran bisa dimulai dengan mengidentifikasi tujuan utama bisnismu, memahami klienmu, menyusun pesanmu, dan menetapkan budget. Kemudian memilih saluran distribusi produkmu dengan tepat dan tentukan target kesuksesanmu.
2. Riset Pasar
Mengutip Investopedia, riset pasar atau marketing research adalah proses menguji kelayakan produk atau jasa melalui riset yang dilakukan dengan pelanggan potensial. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk menemukan sasaran pasar dan mendapatkan masukan atau umpan balik dari konsumen tentang minat mereka pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Riset pasar ini bisa dilakukan lewat survei, tes produk, dan focus group discussion (FGD).
3. Digital Marketing
Mengutip Investopedia, digital marketing atau pemasaran digital mengacu pada penggunaan saluran digital untuk memasarkan produk dan layanan untuk menjangkau konsumen.
Jenis pemasaran ini melibatkan penggunaan situs web, perangkat ponsel, media sosial, mesin pencari, dan saluran serupa lainnya yang menggabungkan pemasaran dengan umpan balik pelanggan atau interaksi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan.
Digital marketing menjadi populer sejak munculnya internet pada 1990-an. Salah satu tantangan menggunakan digital marketing ini yaitu sulit menarik perhatian dari audiens karena banyaknya iklan pesaing yang juga diterima oleh penerima iklan tersebut.
4. Corporate Sales
Mengutip Reference, corporate sales adalah penjualan yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Corporate sales juga disebut penjualan B2B, atau penjualan business to business.
5. Branding dan Periklanan
Mengutip SM Study, branding dan periklanan meliputi konsep branding produk, perilaku konsumen, komunikasi pemasaran, dan hubungan masyarakat. Branding adalah proses menciptakan citra produk dan menanamkannya ke benak pelanggan.
Citra ini mengkomunikasikan nilai yang akan diterima konsumen dari penggunaan produk tersebut. Branding harus selalu konsisten di semua saluran komunikasi dengan pelanggan.
6. Pemasaran Retail (Eceran)
Mengutip SM Study pemasaran retail menyajikan konsep semua aktivitas pemasaran yang terkait dengan membujuk pelanggan untuk membeli produk di gerai atau toko ritel, dan mengelola rantai pasokan dan saluran distribusi secara efisien untuk meningkatkan jangkauan penjualan produk.
7. Public Relation
Mengutip Freedough, public relation atau hubungan masyarakat (humas) merupakan salah satu komunikasi strategis yang dilakukan perusahaan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan publik.
Secara sederhana humas adalah proses strategis mengelola penyebaran informasi terkait perusahaan kepada publik untuk mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya.
8. Promosi
Mengutip situs Byjus, promosi adalah alat pemasaran yang digunakan sebagai strategi untuk berkomunikasi antara penjual dengan pembeli. Lewat promosi penjual mencoba mempengaruhi dan meyakinkan orang untuk membeli produk atau jasa mereka.
Perusahaan biasanya menggunakan promosi untuk meningkatkan citra publiknya. Promosi suatu produk penting untuk membantu perusahaan meningkatkan penjualan mereka karena pelanggan cenderung bereaksi impulsif terhadap diskon dan penawaran.
Bentuk promosi bisa berupa diskon, distribusi sampel gratis, penawaran, pembelian dua item dengan hanya membayar satu item, kontes, dan lain sebagainya.
9. Media Relation
Contoh lain dari aspek pemasaran yaitu media relation atau relasi dengan media. Media relation ini merupakan kegiatan menjalin hubungan atau relasi baik dengan media massa, wartawan atau pers.
Mengutip PR.co, hubungan media yang kuat penting untuk menjaga perusahaanmu bertahan dan membangun reputasi di tengah gempuran berita palsu di internet dan media komunikasi yang terus berubah.
Nah itulah aspek pemasaran yang perlu kamu ketahui dalam bisnis. Semoga bermanfaat detikers!
Simak Video "Deretan Data-data yang Dijual Bebas di Breached.to"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/fds)
"bisnis" - Google Berita
September 15, 2022 at 04:07PM
https://ift.tt/VXCmE4y
Aspek Pemasaran Adalah? Pengertian dan Tujuannya untuk Bisnis - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/XRGkU78
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Aspek Pemasaran Adalah? Pengertian dan Tujuannya untuk Bisnis - detikFinance"
Post a Comment