INFO BISNIS - Nouva Puspita, pendiri sekaligus CEO dari Carl & Claire sukses dengan usaha parfum yang berkualitas tinggi namun memiliki harga bersahabat. Melalui ragam produk Carl & Claire, Nouva berupaya membawa sisi baru untuk memajukan industri parfum lokal dengan menghadirkan karya parfum yang inovatif dan berkualitas.
Nouva mengisahkan, awalnya ia sempat ragu dengan bisnis parfum tersebut. Namun rasa ingin tahu yang tinggi membuatnya terus mengulik potensi dan peluang bisnisnya. Pada 2019, Nouva yang mengawali bisnis parfum secara offline akhirnya merambah ke ranah digital bersama Shopee.
Ia memulai perjalanan bisnisnya dengan berpartisipasi pada bazar offline. Di ajang tersebut Nouva banyak belajar serba serbi parfum dari kacamata konsumen, seperti concern yang dimiliki, faktor yang menjadi daya tarik, dan belajar memahami perilaku belanja konsumen.
Ia juga sempat mengalami kesalahan prediksi saat memproduksi ribuan botol namun hanya terjual lima botol selama dua hari. Nouva pun mengkaji apa yang menjadi pemicu kegagalan dan mencari formula penanganannya. Seperti halnya saat Carl & Claire dihadapkan pada situasi pandemi yang memaksanya untuk untuk menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru.
Keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire mulai lebih fokus memanfaatkan ranah digital untuk lebih dekat dengan konsumen. Mulai dari pembuatan konten menarik hingga memanfaatkan platform e-commerce seperti Shopee yang dapat memperluas jangkauan serta kemudahan akses bagi konsumen.
“Perjalan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya saat tahun pertama kelahiran Carl & Claire, sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan. Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan,” kata Nouva.
Belajar dari kegagalan tersebut, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat.
Perkembangan bisnis belanja online, terlebih di saat pandemi, akhirnya membawa Nouva memulai berjualan dan bergabung bersama Shopee. “Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucap kan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi saat pelaku usaha dihadapkan oleh keterbatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat. Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis kami,” tutur Nouva.
Dengan antusiasme pengguna terhadap produk-produknya, sejak tahun 2021, Carl & Claire telah bergabung di ShopeeMall guna memperkuat kehadiran mereka di ranah digital. Bersama dengan ShopeeMall, Nouva berupaya untuk semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand terhadap konsumen. Berbagai fitur serta program yang dihadirkan oleh Shopee diikuti oleh Carl & Claire. Mulai dari flash sale, kampanye angka kembar 9.9 hingga 12.12 serta jaringan influencer pada program Shopee Affiliate.
Nouva juga memanfaatkan fitur dan program yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan market baik pembeli maupun penjual butuhkan, sehingga dapat merasakan pengaruh positif dalam perluasan jangkauan produk, mengembangkan toko, dan pertumbuhan penjualan.
Terbukti hingga saat ini salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume, terjual habis setiap mengikuti kampanye. Antusiasme pengguna juga terlihat pada beberapa produk terfavorit di aplikasi Shopee antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Produk-produk ini sering ditanyakan melalui fitur chat dan menjadi wishlist product dari pengguna Shopee.
“Salah satu program yang sedang berlangsung adalah keikutsertaan kami pada kemeriahan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day. Program ini menjadi momentum bagi kami para pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan,” kata Nouva.
Adapun strategi Carl & Claire di kampanye ini antara lain menjaga ketersediaan stok, mengikuti promo, hingga optimisasi pada iklan. “Kami juga memanfaatkan halaman analisa untuk mencari insight mengenai perilaku atau preferensi konsumen. Dengan mengetahui performa penjualan serta produk-produk favorit, Carl & Claire dapat menyusun strategi yang tak hanya menarik kunjungan ke tokonya tetapi juga efisien dan efektif dalam menjalankan kampanye ini,” ucap Nouva.
Pengguna Shopee dapat menikmati rangkaian penawaran spesial dari Carl & Claire mulai dari diskon hingga 30 persen, Flash Sale, serta konten-konten menarik melalui Shopee LIVE. Pada kemeriahan puncak kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day yang akan jatuh pada 9 September nanti, pengguna dapat menikmati ragam penawaran menarik mulai dari Gratis Ongkir RP0 Seharian, Main Shopee Lahap Dapat Mobil, hingga promo Belanja Gratis s/d 1JT.
“Ibarat nama itu adalah sebuah doa, Carl yang berarti strong atau longlasting, sedangkan Claire itu popular atau trending, sehingga begitu ke dua kata digabungkan, kami harap dapat membawa produk parfum yang tahan lama dengan aroma-aroma populer sesuai kebutuhan. Berbekal doa dan harapan tersebut lah yang menjadi keteguhan Carl & Claire untuk tangguh dalam menghadapi lika-liku perjalanan bisnis selama ini dan membuktikan bahwa kualitas parfum lokal juga memiliki standar dan potensi yang kuat,” tutur Nouva. (*)
"bisnis" - Google Berita
September 06, 2022 at 06:00PM
https://ift.tt/ibWDrlj
Kisah Parfum Lokal Carl & Claire Tingkatkan Bisnis bersama Shopee - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/iC2dfnY
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Kisah Parfum Lokal Carl & Claire Tingkatkan Bisnis bersama Shopee - Bisnis Tempo.co"
Post a Comment