Search

Pensiun dari Dunia Keartisan, Riza Shahab Mantap Bisnis Kopi - detikNews

Jember -

Artis Riza Shahab sudah lama tidak lagi terlihat di layar kaca menghibur pemirsa. Ya, artis yang pernah bermain di sinetron 'Cinta SMA' ini rupanya kini sedang fokus mengelola bisnis kopinya.

Dalam wawancara dengan detikcom, pria kelahiran Jember, Jawa Timur ini membuka usaha kedai kopi yang diberi nama 'Kopi Kesuwon' ini sejak Agustus 2018. Idenya untuk membuka usaha muncul setelah melihat maraknya kedai kopi susu yang nge-hits di kota-kota besar.

"Sudah hampir 2 tahun ini. Kebetulan waktu itu di kota besar seperti di Jakarta, memang kami lagi ramai kedai kopi dengan konsep kopi susu," kata Riza saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (11/4/2020).

Sekembalinya dari Jakarta dua tahun silam, Riza memulai bisnisnya itu. Riza menatap optimisme peluang bisnis kopi susu, tersebut lantaran di Kota Jember sendiri tergolong masih langka.

"Alhamdulillah bisa diterima baik oleh warga Jember sini ya, terbukti banyak sekali yang buka kedai-kedai kopi seperti 'Kopi Kesuwon'," tuturnya.

Pria yang kini berusia 30 tahun itu juga membuka usaha kopi karena kecintaannya kepada kopi. Ia memulai mempelajari bisnis kopi dengan mengambil kursus singkat. Dia juga banyak berdiskusi soal kopi dengan pakar-pakar kopi untuk memulai bisnisnya itu.

"Saya ngeracik sendiri kopi-kopinya. Memang dari dulu kan saya pecinta kopi, cuma saya hanya sebagai penikmat saja, belum mempelajari lebih dalam. Jujur waktu awal-awal sebelum saya buka, saya konsultasi ke beberapa pakar kopi, kemudian saya sempet kursus tentang kopi, akhirnya dengan kursus itu saya bukalah kedai itu," paparnya.


Tentang Kopi Kesuwon

Riza memulai bisnis kopi ini dari nol. Dengan dukungan penuh keluarga, ia mulai membangun sebuah kedai kopi di Kota Jember.

"Ini alhamdulilah bisnis punya saya sendiri, bangun dari nol, saya bikin namanya, konsepnya dan racikannya saya sendiri," kata Riza.

Bisnis kopi yang digandrungi oleh anak muda ini ia beri nama 'Kopi Kesuwon'. Ada alasan tersendiri di balik pemilihan nama 'Kopi Kesuwon' ini.

Sebagai orang Jember, Reza ingin menonjolkan kearifan lokal dalam pemberian nama kedai kopinya itu. Pemberian nama 'Kopi Kesuwon' ini menjadi mudah diingat oleh konsumen.

"Kesuwon itu bahasa Jawanya terimakasih itu kan suwun, terus di Jember itu kalau bilang terima kasih itu bukan suwun, tapi kesuwon kan. Kebetulan waktu itu kan saya pikir oh bagus nih kayaknya kalau pakai nama ini biar customer selalu teringat," tuturnya.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 11, 2020 at 05:02PM
https://ift.tt/2V12uCb

Pensiun dari Dunia Keartisan, Riza Shahab Mantap Bisnis Kopi - detikNews
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pensiun dari Dunia Keartisan, Riza Shahab Mantap Bisnis Kopi - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.