Search

7 Bisnis ini Laris-manis Pascabanjir, Peluang yang Layak Dicoba - Jawa Pos

JawaPos.com – Hujan dengan intensitas tinggi masih membayangi sejumlah wilayah yang kerap menjadi langganan banjir seperti DKI Jakarta dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia, seperti Surabaya, Lebak Banten, dan Demak. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan pada bulan ini masih akan tinggi.

Sementara puncak musim hujan diperkirakan bakal terjadi pada Februari-Maret 2020. Namun, di balik musibah, pasti terselip berkah. Sejumlah bisnis tertentu justru meraup untung setelah banjir. Hal ini bisa ditiru oleh para pemula.

Mengutip situs resmi Cermati.com, ada peluang bisnis yang muncul pascabanjir. Sebab beberapa usaha tercatat meraup omzet cukup besar usai banjir. Berikut rangkuman JawaPos.com, Sabtu (25/1).

1. Bengkel motor dan mobil

Permintaan servis motor dan mobil akan ramai setelah banjir surut. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk buka bengkel motor atau mobil, dengan modal sekitar Rp 40-Rp 50 juta.

Sewa tempat di pinggir jalan besar. Kalau hendak buka bengkel mobil, maka pastikan lahannya cukup luas dengan kebutuhan modal sekitar Rp 100 juta.

2. Servis elektronik

Peluang usaha lain yang bisa Anda lirik adalah jasa servis elektronik. Dijamin laris-manis.

Sebab, sejumlah peralatan elektronik biasanya rusak lantaran banjir. Untuk usaha ini, Anda tidak perlu sewa tempat dulu. Yang penting Anda memiliki keahlian memperbaiki alat-alat elektronik.

Pilihan lain, Anda bisa mempekerjakan karyawan yang mahir di bidang tersebut. Modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp 5 juta untuk bisnis ini.

3. Jasa laundry

Usai banjir, akan ada tumpukan pakaian kotor. Biasanya karena sudah saking banyaknya, pemilik pakaian jadi malas mencuci dan menyetrika sendiri.

Jasa cuci atau laundry pun menjadi pilihan. Anda boleh mulai mengkalkulasi omzetnya, dengan asumsi tarif jasa laundri kiloan antara Rp 6.000- Rp 7.000 per kilogram.

Anda dapat memulai dengan membeli dua unit mesin cuci dan pengering, setrika, dan perlengkapan pendukung. Modal bisnis laundry bisa dimulai dari Rp 5 jutaan. Terpenting adalah kualitas cucian dan setrikaan bersih dan rapi.

4. Jasa bersih-bersih rumah atau cleaning service

Banjir pasti membuat rumah jadi kotor, banyak lumpur menempel di setiap sudut. Banyak orang enggan atau merasa lelah jika harus membersihkannya sendiri. Jasa bersih-bersih rumah bisa jadi solusi.

Memulai bisnis jasa bersih-bersih rumah atau cleaning service tidak butuh modal besar. Anda dapat menggunakan peralatan kebersihan pada umumnya, seperti sapu ijuk, sapu lidi, alat pel lantai, kanebo, kemoceng untuk membersihkan debu, ember plastik, pengki, lap kering, dan peralatan lain yang dibutuhkan.

Modalnya pun terbilang kecil, sekitar Rp 1 juta- Rp 2 juta. Untuk pemasaran, bisa melalui brosur yang ditempel di tempat-tempat strategis, pamflet, maupun website dan media sosial. Jangan lupa sertakan nomor telepon agar calon konsumen dapat menghubungi Anda dengan mudah.

5. Jualan perabot rumah tangga

Perabot rumah tangga merupakan salah satu yang diburu warga usai banjir, seperti alat pel, ember, gayung, kerukan air, tempat sabun, dan perabotan lain yang biasanya berbahan dasar plastik. Anda dapat menjual perabotan rumah tangga dengan cara berkeliling.

Bisa menggunakan gerobak atau mobil bak terbuka. Jika tidak mau capek-capek keliling, maka disarankan sewa ruko atau lapak di pinggir jalan.

Pastikan perabotan rumah tangga yang Anda jual lengkap. Anda bisa mendapat suplai barang dari distributor besar, sehingga harga beli lebih murah. Modal usaha (tidak termasuk sewa tempat) sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta.

6. Jualan sembako

Ini sih usaha tidak ada matinya. Jualan sembako, seperti beras, mie, gula, telur, kopi, teh, dan kebutuhan pokok lainnya.

Musim kemarau saja laris-manis, apalagi musim hujan. Banyak orang memborong sembako karena khawatir harga mahal, akhirnya permintaan membeludak.

Anda yang ingin merintis bisnis jualan sembako, mulai saja dari rumah. Usaha kecil-kecilan dengan modal mulai dari Rp 5 juta. Kalau mau lebih lengkap, tambah modal jadi Rp 10 juta.

7. Jualan payung dan jas hujan

Meski ini bisnis musiman, tapi tak ada salahnya dicoba. Siapa tahu sukses jadi juragan atau produsen payung dan jas hujan. Lagi pula kebutuhan modalnya kecil, yaitu tak lebih dari Rp 1 juta.

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 25, 2020 at 03:00PM
https://ift.tt/2GmSHhw

7 Bisnis ini Laris-manis Pascabanjir, Peluang yang Layak Dicoba - Jawa Pos
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

1 Response to "7 Bisnis ini Laris-manis Pascabanjir, Peluang yang Layak Dicoba - Jawa Pos"

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Powered by Blogger.