Search

Simak Tips Ampuh Memulai Bisnis Kedai Kopi di 2020 | merdeka.com - Merdeka.com

Merdeka.com - Kopi saat ini menjadi minuman yang digemari banyak orang. Menyeimbangi gaya hidup masyarakat, khususnya Indonesia, kini marak pebisnis yang mulai fokus dan ikut serta membesarkan industri kopi.

Chairman of Executive Board Scopi, Irvan Helmi, menyebutkan ada tips yang bisa dilakukan pemula ingin menjajaki bisnis di industri kopi. Diantaranya pastikan bahwa buka usaha kopi didasari oleh passion dan Anda bisa membaca prediksi pasar.

"Jangan buka usaha karena ikut-ikutan. Baca peluang market, jangan karena tetangga buka menu (kopi) ini, eh Anda buka (usaha) juga, tahu-tahunya usaha kamu tidak laku," ujarnya dalam diskusi kopi yang diselenggarakan Sustainable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI), di Jakarta, Kamis (30/1).

Irvan menilai, pada umumnya industri kopi tidak akan lama bertahan jika berdasarkan ikut-ikutan. Kemudian dia juga menilai pentingnya menganalisa sebelum memulai usaha. "Sekecil apapun analisa yang dilakukan, baik analisa kebutuhan, harga dan lain-lain, itu perlu dilakukan."

Kedua, Irvan menyarankan bagi pemula yang ingin membangun bisnis kopi untuk dapat memiliki kreativitas. "Berevolusi dan berkreativitas. Jangan stuck di satu menu, misalnya hanya menu kopi hitam saja, namun buat varian menu lain."

Selanjutnya, pemula juga disarankan untuk banyak mempelajari ilmu kopi. Irvan menyarankan itu karena dalam dunia kopi, menurutnya, itu tidak ada habisnya karena banyak yang semakin berkreasi dalam cita rasa kopi. "Belajar tentang pendistribusiannya, roasting kopi, cara membuat (kopi tentang) ini dan itu, serta banyak hal yang perlu dipelajari," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 30, 2020 at 10:30PM
https://ift.tt/2OezT8t

Simak Tips Ampuh Memulai Bisnis Kedai Kopi di 2020 | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Simak Tips Ampuh Memulai Bisnis Kedai Kopi di 2020 | merdeka.com - Merdeka.com"

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Powered by Blogger.