Search

Zomato Caplok Bisnis UberEats di India - detikInet

Jakarta - Lagi, Uber melepas lini bisnisnya ke kompetitor. Setelah beberapa tahun lalu menyerahkan bisnis ride hailing di Asia Tenggara ke Grab, kini UberEats di India diserahkan ke Zomato.

UberEats merupakan layanan pengiriman makanan yang hadir di India pada 2017. Sayang, dalam perjalannya dia harus berdarah-darah.


Puncaknya terjadi tahun lalu. Pertumbuhan UberEats terhenti, kerugian pun mengalami peningkatan. Menurut Financial Times, UberEats di India hanya memberikan kontribusi 3% dari pendapatan secara global. Sementara kontribusi kerugian sebanyak 25% pada 2019, atau hampir USD 500 juta.

Tentu kondisi ini tidak sesuai dengan rencana Uber yang ingin mengurangi kerugian dan mendapatkan untung pada 2021. Dengan berat hati, UberEats pun dilepas ke Zomato yang menjadi salah satu pesaing beratnya di India.

Zomato Caplok Bisnis UberEats di IndiaBisnis UberEats menyatu dengan Zomato. Foto: Zomato.
Kesepakatan akusisi tersebut terjadi beberapa hari setelah Zomato mendapatkan pendanaan USD 150 juta dari Ant Financial. Ini membuat valuasi perusahaan menjadi USD 3 miliar.

Baik Uber maupun Zomato tidak menyebutkan nilai transaksi. Tapi diperkirakan nilainya adalah USD 300-500 juta. Keduanya bersepakat Uber akan memiliki 9,99% saham Zomato. Selain itu, seluruh pelanggan UberEats di 41 kota di India akan diserahkan ke Zomato.


Sementara mitra pengiriman UberEats India akan bergabung dengan armada Zomato. Sayangnya sekitar 245 karyawan UberEats yang akan terpengaruh oleh kesepakatan ini tidak akan diserap oleh Zomato sebagai bagian dari transaksi. Namun, Uber memastikan akan mencari cara untuk menyalurkan mereka ke dalam bisnisnya.

Dengan dicaploknya UberEats, Zomato kini menguasai 55 persen pasar pengiriman makanan di India. Pesaing beratnya hanya tinggal Swiggy yang tahun lalu mengalami pertumbuhan begitu pesat.

Zomato Caplok Bisnis UberEats di India

Simak Video "Fitur Baru GrabFood, Konsumen Bisa Traktir Mitra Pengantar"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/rns)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 21, 2020 at 03:46PM
https://ift.tt/2RefXEP

Zomato Caplok Bisnis UberEats di India - detikInet
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Zomato Caplok Bisnis UberEats di India - detikInet"

Post a Comment

Powered by Blogger.