Search

Menjajal Bisnis Teh Ungu dari Bunga Telang - detikFinance

Pangandaran -

Budi daya bunga telang atau yang lebih dikenal dengan teh ungu, ternyata cukup menggiurkan. Tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah di pekarangan rumah ini, sanggup memberikan tambahan penghasilan.

Setidaknya hal itu dirasakan oleh Dedi Kurniadi alias Abut warga Dusun Bojongsalawe Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Tanaman bunga telang yang dirawatnya, bisa menambah pundi pendapatan keuangan keluarga.

Abut mengatakan awalnya menanam teh bunga telang hanya untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari. Karena banyak artikel yang dia baca mengenai khasiat kesehatan bunga telang ini.

Setelah itu beberapa kerabat dan tetangga Abut ikut mencoba minum teh ungu tersebut. Mereka mengaku merasakan khasiat kesehatan, sehingga pesanan teh ungu ini meningkat. "Semula saya tanam teh bunga telang untuk dikonsumsi sendiri, akhirnya saya coba menjadikannya ladang bisnis," kata Abut.

Alhasil lahan seluas 140 meter persegi di halaman rumahnya dia ubah menjadi kebun bunga telang. Ada 250 batang pohon yang dia tanam.

"Dari 250 batang pohon teh bunga telang yang ditanam, setiap hari saya berhasil memanen 150 gram teh bunga telang kering," tambah Abut.

Setelah dipanen, bunga dikeringkan secara tradisional yakni dijemur selama tiga hari, sebelum akhirnya dikemas dengan ukuran 10 gram. Sebungkus bunga telang kering atau teh ungu dia jual seharga Rp 15 ribu.

Mengenai proses penanaman, Abut mengatakan bunga telang relatif mudah ditanam dan minim perawatan. Pohonnya akan mulai berbunga setelah usia lebih dari 2 bulan. Selanjutnya selama 5 tahun, pohon akan terus berbunga. "Mimpi saya adalah membuat budidaya teh telang ini dalam kapasitas yang lebih besar, karena ceruk bisnisnya masih terbuka lebar," kata Abut.

Simak Video "Hiii... Ada 'Pocong' di Unjuk Rasa Mahasiswa Cilegon"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)

Let's block ads! (Why?)



"bisnis" - Google Berita
February 24, 2020 at 04:56PM
https://ift.tt/37WM54G

Menjajal Bisnis Teh Ungu dari Bunga Telang - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/2ZX4j67
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Menjajal Bisnis Teh Ungu dari Bunga Telang - detikFinance"

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete

Powered by Blogger.