Search

Faktor Lingkungan Eksternal Mikro dalam Bisnis, Penting Diketahui bagi Wirausahawan | merdeka.com - Merdeka.com

Faktor Lingkungan Eksternal Mikro dalam Bisnis, Penting Diketahui bagi Wirausahawan Ilustrasi bisnis keluarga di Jepang. © Rappler

Merdeka.com - Setiap organisasi bisnis adalah bagian dari lingkungan bisnis di mana ia beroperasi. Tidak ada entitas yang dapat berfungsi secara terpisah karena akan ada banyak faktor yang mempengaruhi bisnis, yang dikenal sebagai lingkungan bisnis.

Secara garis besar, lingkungan bisnis ini diklasifikasikan menjadi dua kategori, yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Faktor yang pertama hanya akan memengaruhi kinerja bisnis tertentu saja, sedangkan yang terakhir dapat memengaruhi fungsi semua entitas bisnis, yang beroperasi dalam perekonomian.

taboola mid article

Bagi Anda yang sedang menjalani suatu usaha atau bisnis, penting untuk mempelajari lingkungan eksternal bisnis guna memahami pengaruh berbagai kekuatan di sekitar bisnis Anda. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas lebih lanjut faktor-faktor dari lingkungan eksternal mikro dalam bisnis.

2 dari 4 halaman

Mengenal Lingkungan Mikro

Lingkungan mikro mengacu pada lingkungan yang berhubungan langsung dengan organisasi bisnis dan dapat langsung mempengaruhi kegiatan sehari-hari dari suatu bisnis. Hal ini terkait dengan area kecil dalam fungsi perusahaan.

Lingkungan mikro adalah kumpulan semua faktor atau kekuatan yang dekat dengan perusahaan. Faktor-faktor ini khusus hanya untuk bisnis tersebut saja. Mereka dapat mempengaruhi kinerja dan operasi perusahaan sehari-hari, tetapi hanya untuk jangka pendek. Elemen-elemennya meliputi pemasok, pesaing, perantara pemasaran, pelanggan, dan perusahaan itu sendiri.

  • Pemasok adalah orang-orang yang memberikan kebutuhan untuk bisnis seperti bahan baku, peralatan dan sebagainya.
  • Pesaing adalah perusahaan lain, yang bersaing dengan perusahaan di pasar dan juga dalam masalah sumber daya.
  • Perantara pemasaran dapat mencakup grosir, distributor, dan pengecer yang membuat hubungan antara perusahaan dan konsumen.
  • Pelanggan/konsumen adalah orang yang membeli barang untuk konsumsi sendiri. Mereka dianggap sebagai raja bisnis.
  • Perusahaan itu sendiri merupakan kumpulan dari sejumlah elemen seperti pemilik atau pemegang saham atau investor, karyawan dan dewan direksi.

3 dari 4 halaman

Faktor Lingkungan Eksternal Mikro

Perusahaan

Faktor lingkungan eksternal mikro yang pertama adalah perusahaan. Berbagai kelompok dalam sebuah organisasi seperti manajemen, keuangan, operasi, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan (R&D), akuntansi dll perlu diperhitungkan oleh manajemen pemasaran untuk merancang rencana pemasaran.

Mengutip dari linkedin.com, manajer pemasaran perlu bekerja sama dengan setiap divisi dalam perusahaan untuk membantu mereka membuat keputusan dengan strategi dan rencana yang lebih luas. Dengan memimpin tim pemasaran, departemen lain seperti manufaktur, keuangan, hukum, dan tim sumber daya manusia bertanggung jawab untuk memahami kebutuhan konsumen serta menciptakan nilai konsumen.

Pemasok

Faktor lingkungan eksternal mikro yang kedua yaitu pemasok. Pemasok adalah adalah orang-orang yang akan memberikan masukan dalam sebuah bisnis seperti bahan baku, suku cadang, peralatan, dll. Kualitas dan keandalan vendor sangat penting untuk kelancaran fungsi bisnis organisasi mana pun.

Manajer pemasaran harus memiliki kendali atas ketersediaan dan biaya pemasok. Setiap kekurangan atau keterlambatan pasokan, dalam hal bencana alam atau peristiwa lain dapat menyebabkan goyahnya penjualan dalam jangka pendek dan menyebabkan ketidakpuasan konsumen dalam jangka panjang.

Perantara Pemasaran

Faktor lingkungan eksternal mikro yang ketiga yakni perantara pemasaran. Perantara pemasaran juga merupakan komponen penting untuk jaringan penyampaian nilai perusahaan secara keseluruhan. Bagian ini termasuk individu atau perusahaan yang membantu perusahaan Anda dalam promosi, penjualan dan distribusi barang-barang kepada pembeli akhir. Contohnya, perantara (agen atau pedagang) yang membantu perusahaan menemukan konsumen, perusahaan distribusi fisik seperti gudang atau perusahaan transportasi yang membantu dalam penyimpanan dan pemindahan barang dari asalnya ke tujuan, dan agen layanan pemasaran seperti perusahaan riset pasar dan periklanan.

4 dari 4 halaman

Pesaing

Faktor lingkungan eksternal mikro yang keempat adalah pesaing. Pesaing adalah perusahaan lain yang bersaing dengan organisasi di pasar dan juga sumber daya. Menurut konsep pemasaran, perusahaan perlu memberikan nilai dan kepuasan konsumen yang lebih besar daripada pesaingnya agar bisnisnya berhasil.

Pemasar tidak hanya mencoba untuk beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan pelanggan saja, tetapi juga mencoba untuk mencapai keunggulan strategis terhadap pesaing dengan memposisikan produk mereka agar lebih kuat di pasar.

Publik

Faktor lingkungan eksternal mikro yang kelima yaitu publik. Publik mengacu pada sekelompok orang yang memiliki minat aktual atau potensial terhadap produk perusahaan atau yang dapat berdampak pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya. Ada tujuh jenis publik yang diidentifikasi dalam lingkungan pemasaran perusahaan yang meliputi publik keuangan, publik media, publik pemerintah, publik aksi warga, publik internal, publik lokal, dan publik umum.

Konsumen

Faktor lingkungan eksternal mikro yang terakhir adalah konsumen. Pelaku terpenting dalam lingkungan eksternal mikro perusahaan adalah konsumen. Seluruh jaringan penyampaian nilai bertujuan untuk menjadikan konsumen sebagai sasarannya dan menciptakan hubungan yang kuat dengan mereka.

Ada lima jenis pasar konsumen yang mungkin coba ditargetkan oleh perusahaan, yaitu pasar konsumen, pasar bisnis, pasar pemerintah, pasar pengecer, dan pasar internasional.

[ank]

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 19, 2022 at 10:45AM
https://ift.tt/MmzaIBK

Faktor Lingkungan Eksternal Mikro dalam Bisnis, Penting Diketahui bagi Wirausahawan | merdeka.com - Merdeka.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/loN8cp6
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Faktor Lingkungan Eksternal Mikro dalam Bisnis, Penting Diketahui bagi Wirausahawan | merdeka.com - Merdeka.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.