Search

Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis di Era Pandemi Covid-19 - Kompasiana.com - Kompasiana.com

Krisis Covid-19 yang telah berlangsung semenjak awal tahun 2020 yang menyebabkan aktivitas bisnis di sebagian besar perusahaan menjadi terganggu dan terpuruk. 

Adanya kebijakan-kebijakan pemerintahdalam upaya mengurangi dampak penyebaran Covid-19  yaitu Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memaksa sejumlah bisnis untuk mengurangi kegiatan operasionalnya dan itu mengakibatkan para pengusaha harus berpikir keras agar tetap bisa produktif di tengah pandemi.

Pandemi covid 19 adalah wabah yang terjadi secara tiba-tiba dan terjadi dimana-mana, yang menyebar hampir diseluruh negara atau benua dan biasanya mengenai banyak orang. Pandemi COVID 19 yang mewabah di seluruh dunia ini menjadi hal yang ditakuti oleh banyak orang, termasuk para pembisnis atau pengusaha. 

Sejak terjadinya pandemi, begitu banyak pengusaha atau pembisnis yang tidak dapat bertahan dan mengalami kerugian yang sangat besar, bahkan terdapat beberapa perusahaan yang jatuh bangkrut karena menurunya daya beli konsumen. 

Karena itu, semua pengusaha bisnis berlomba-lomba mencari cara atau strategi  untuk mempertahankan bisnis mereka pada masa pandemi covid 19. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan transformasi digital.

Transformasi digital adalah suatu proses yang diterapkan oleh organisasi untuk mengintegrasikan teknologi digital di semua area bisnis, dengan mengubah cara organisasi memberikan nilai kepada pelanggan atau transformasi digital merupakan proses dan strategi penerapan teknologi dalam aktivitas operasional bisnis yang mengubah cara bisnis dalam beroperasi dan melayani pelanggan, baik terkait pemasaran sampai produksi. 

Dengan transformasi digital, bisnis dapat bertahan dalam persaingan melawan para kompetitor ata pesaing. Contohnya  sekarang adalah Gojek dan Grab yang menerapkan transformasi digital dengan membuat aplikasi online yang memudahkan masyarakat untuk memesan ojek, taksi, makanan, minuman, hingga kebutuhan sehari-hari. Mengurangi aktivitas diluar rumah, mengurangi biaya tansportasi, dan menghemat waktu.

Beberapa alasan Transfomasi digital sangat penting bagi pengusaha dalam mengembangkan bisnisnya di masa pandemi COVID-19 yaitu:

  • Alasan pertama adalah karena perubahan yang tidak dapat dihindari. Apabila perusahaan tidak bisa menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan teknologi, maka perusahaan akan kalah unggul dibandingkan dengan perusahaan yang bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi.
  • Kedua, bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Jika sebelumnya pemasaran dan penjualan produk dilakukan secara offline, sekarang perusahaan bisa memasarkan dan menjual produknya melalui berbagai media online yaitu media sosial dan website. Dengan media online, pemasaran akan lebih efektif karena perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta akan lebih efisien dalam hal waktu operasional dan biaya yang dikeluarkan.
  • Ketiga, dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknologi yang canggih seperti media sosial membuat konsumen bisa membeli sesuatu dengan lebih mudah, dan mendapatkan respons dengan lebih cepat.

Manfaat transformasi digital bagi perusahaan di masa pandemi yaitu:

  • Membantu melakukan penghematan biaya                                                                                                                                                              
  • transformasi digital dapat membantu perusahaan mengurangi biaya operasional melalui berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa contoh:

    • e-commerce                                                                                                                                                                                                                                              
    •  E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet. Contoh e-commerce yang sering kita gunakan adalah tokopedia,shoope, traveloka, dan lan sebaginya. Dengan e-commerce pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa gedung, membayar listrik, membayar pengamanan, dan lain-lain.
    • Digital marketing (pemasaran digital)                                                                                                                                                                              
    • Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi  produk menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat.  Dengan digital marketing dapat memasarkan produk atau jasa secara online dan memakan biaya yang jauh lebih rendah daripada memasarkannya secara langsung. Melalui blog dan media sosial, perusahaan  bisa memasarkan produk secara gratis.
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
Lihat Semua Komentar (0)

Video Pilihan

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
November 23, 2022 at 10:49PM
https://ift.tt/iJCNXIy

Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis di Era Pandemi Covid-19 - Kompasiana.com - Kompasiana.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/PKugF0A
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Transformasi Digital dalam Pengembangan Bisnis di Era Pandemi Covid-19 - Kompasiana.com - Kompasiana.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.