Search

Modernisasi Teknologi Digital Bikin Bisnis Koperasi Lebih Tokcer - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Melalui modernisasi teknologi digital, koperasi diyakini dapat menjalankan strategi bisnis dengan lebih efektif dan efisien tanpa menghilangkan karakteristiknya.

Seperti salah satu koperasi pegawai mitra Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang berlokasi di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Dikenal dengan nama Koperasi Pegawai PT Indosat Tbk (Kopindosat), terus berupaya menyesuaikan dengan kemajuan teknologi.

Memiliki total 2.709 anggota dan 333 karyawan, Kopindosat mengembangkan dua aplikasi berbasis digital, yaitu sistem ERP dan “MyKopin”. Sistem ERP berfungsi dalam mengintegrasikan seluruh kegiatan Kopindosat dan memiliki keunggulan dari sisi perencanaan dan pengendalian terhadap sumber daya.

Sistem ERP juga mengotomatisasi kegiatan operasional Kopindosat. Sementara MyKopin berfungsi untuk memudahkan dan meningkatkan layanan kepada anggota.

Menurut Ketua Kopindosat Wahono, koperasi yang berdiri pada tahun 1983 menerapkan empat strategi dalam meningkatkan produktivitas usaha dan pendapatan tahun ini.

Pertama, restrukturisasi bisnis, yakni melalui perkuatan pada bisnis jasa teknik, car rental, dan trading. Kedua, dari sisi finansial, melalui sumber pembiayaan murah, utilisasi aset produktif secara optimal, percepatan cash cycle guna menghasilkan penggunaan dana yang optimal.

Strategi ketiga, lanjut Wahono, berupa pengembangan anak perusahaan, sinergi group Kopindosat, kemandirian, segmentasi core business, dan implementasi fungsi shared service untuk meningkatkan efisiensi group. Keempat, peningkatan organisasi dan SDM, di antaranya, pengembangan talent program, juga penyempurnaan sistem, SOP, dan bisnis proses.

“Empat strategi tersebut bisa berjalan dengan baik dengan didukung perkuatan permodalan. Oleh sebab itu, Kopindosat bersinergi dengan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) pada Juli 2020. Kopindosat mendapat informasi mengenai pembiayaan murah LPDB-KUMKM, dilanjutkan mengirimkan permohonan pengajuan. Pembiayaan tersebut diperuntukkan untuk sektor riil,” jelas Wahono.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 19, 2023 at 08:35PM
https://ift.tt/eOnGXj3

Modernisasi Teknologi Digital Bikin Bisnis Koperasi Lebih Tokcer - Liputan6.com
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/HgDtJoF
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Modernisasi Teknologi Digital Bikin Bisnis Koperasi Lebih Tokcer - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.