Search

Salah Gunakan Visa Buat Bisnis, Pasutri Aussie Dideportasi dari Bali - detikTravel

Buleleng -

Pasangan turis bule dari Australia dideportasi dari Bali. Mereka ketahuan menyalahgunakan visa kunjungan yang malah dipakai buat bisnis sewa properti.

Keduanya telah dipulangkan ke negaranya melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Senin (4/12) lalu. Mereka diterbangkan menggunakan maskapai Jetstar dengan nomor penerbangan JQ126 dengan tujuan akhir ke Adelaide, Australia.

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja, Hendra Setiawan mengatakan, kedua bule itu erhasil diamankan oleh Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Imigrasi Singaraja saat melakukan patroli pengawasan keimigrasian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua warga negara (WN) Australia itu diketahui berinisial PNL (62) dan RAL (60). Pasangan suami istri itu menyalahgunakan visa izin tinggal kunjungan untuk berbisnis sewa properti di Bali.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim Inteldakim dan bukti-bukti yang ada, pasutri itu terbukti telah melakukan penyalahgunaan izin tinggal.

"Keduanya patut diduga berkegiatan tidak sesuai dengan izin tinggal yang dimilikinya dengan menyewakan properti. Sedangkan yang bersangkutan merupakan pemegang izin tinggal kunjungan," kata Hendra, Senin (4/12/2023).

Mereka terbukti melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Atas dasar tersebut, pasutri PNL dan RAL dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa pendeportasian dan penangkalan.

Hendra pun mengimbau kepada warga Bali untuk ikut serta melaporkan jika ada aktivitas warga negara asing (WNA) yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau dianggap mengganggu dan meresahkan masyarakat.

"Hal ini merupakan wujud nyata penegakan hukum keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Singaraja," tandasnya.


------

Artikel ini telah naik di detikBali.

Simak Video "Pengakuan Turis Australia Didenda Rp 15 Juta karena Paspor Kotor: Traumatis"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
December 06, 2023 at 10:15PM
https://ift.tt/nsJHXNK

Salah Gunakan Visa Buat Bisnis, Pasutri Aussie Dideportasi dari Bali - detikTravel
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/f3m5dKR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Salah Gunakan Visa Buat Bisnis, Pasutri Aussie Dideportasi dari Bali - detikTravel"

Post a Comment

Powered by Blogger.