Search

Gibran Blak-Blakan Ungkap Alasan 4 Bisnisnya yang Bangkrut - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming sedang menjadi sorotan usai penampilannya saat debat pada Minggu (21/1/2024) malam. Publik mengenal Gibran sebagai wali kota Solo yang juga anak sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sebelum terjun ke dunia politik, Gibran adalah seorang pengusaha. Sebagian besar bisnisnya bergerak di bidang kuliner. Bisnisnya ini berkolaborasi dengan sang adik sekaligus Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep.

Meski punya 'darah biru' sebagai anak presiden, nyatanya banyak bisnis mereka banyak yang bangkrut. 

Alasan Bisnis Gibran Bangkrut

Gibran pun tak memungkiri bahwa dia menghadapi kegagalan bisnis. Dia bahkan blak-blakan mengungkap alasan bisnisnya gulung tikar. 

"Kita kalau yang namanya pengusaha pasti seringlah mengalami kegagalan, ditipu orang, atau pegawai resign bikin brand sendiri, itu sesuatu hal yang biasa," kata Gibran, seperti yang dikutip CNBC Indonesia dari akun TikTok @majubersamagibran pada Senin (22/1/2024). 

"Tapi saat ini semua sudah settle. Saya memutuskan untuk fokus ke pengabdian masyarakat," ujarnya lagi. 

Berikut ini merupakan daftar bisnis Gibran yang gulung tikar.

1. Ternakopi

Gibran dan adiknya, Kaesang Pangarep, membuka bisnis kedai kopi yang dinamai Ternakopi pada Mei 2019. Sebelum pandemi Covid-19, Ternakopi memiliki sekitar 40 toko yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Namun, Kaesang mengaku bisnis ini telah tutup akibat tidak laku.

"Kemarin sebenarnya sempat sebelum pandemi kita punya hampir 40 outlet, cuma setelah pandemi, ya, hilang semua. Kok, bisa? Enggak laku," ungkap Kaesang.

2. Goola

Peluncuran Goola, produk minuman milik Gibran RakabumingFoto: Peluncuran Goola, produk minuman milik Gibran Rakabuming (CNBC Indonesia/Rivi Satrianegara)

Goola adalah bisnis milik Gibran yang menjual produk minuman tradisional khas Indonesia. Salah satunya adalah Es Doger dengan kemasan modern. Namun, bisnis ini diserahkan kepada Kaesang sesaat sebelum Gibran menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, bisnis ini sudah tidak berjalan. Sebab, unggahan terakhir Goola di Instagram (@goola_id) adalah 7 November 2020 lalu. Bahkan, tidak sedikit warganet yang mempertanyakan keberadaan bisnis ini.


3. Siapmas

Masih di bidang kuliner, Gibran kembali berduet dengan Kaesang untuk membangun usaha Siapmas. Usaha ini menghadirkan produk minuman dan makanan ringan, seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Namun, bisnis ini terlihat sudah tidak aktif. Selain unggahan terakhir di media sosial pada 3 Oktober 2020 lalu, sejumlah produk dari Siapmas juga sudah tidak terlihat di minimarket terdekat.

4. Madhang

Pada 11 Desember 2017, Gibran dan Kaesang meluncurkan aplikasi Madhang untuk menjembatani ibu-ibu yang jago masak dengan pembeli. Aplikasi ini pun diklaim berhasil membantu banyak ibu rumah tangga untuk mandiri secara finansial.

Dalam bisnis ini, Gibran berperan sebagai Penasihat Madhang. Namun, usaha yang bekerja sama dengan Universitas Dian Nuswantoro Semarang ini sudah tidak beroperasi. Dalam unggahan terakhir pada 22 Februari 2022 lalu, terlihat banyak pengguna yang mempertanyakan keberadaan aplikasi.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

4 Bisnis Gibran Rakabuming yang Bangkrut, Tak Semua Laku


(hsy/hsy)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 22, 2024 at 11:20AM
https://ift.tt/drbN6qC

Gibran Blak-Blakan Ungkap Alasan 4 Bisnisnya yang Bangkrut - CNBC Indonesia
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/n7Mm1td
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gibran Blak-Blakan Ungkap Alasan 4 Bisnisnya yang Bangkrut - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.