Search

Mengulik Bisnis Cuci dan Reparasi Sepatu ala Anak Muda Cirebon - detikJabar

Cirebon -

Sore itu tepat hari terakhir sebelum pergantian tahun gerimis hujan menghampiri ruko dengan luas 2×6 meter yang dipenuhi sepatu dan alat-alat cuci serta reparasi. Di dalamnya nampak dua orang remaja yang sedang sibuk untuk membersihkan sepatu milik pelanggan.

"Menjelang akhir tahun memang orderan untuk jasa cuci dan reparasi sepatu meningkat," kata Sultan Ganang Yudha Abimanyu (20) seorang owner dari jasa Reparasi dan Cuci Sepatu Kick Rebels. Minggu (31/12/2023).

Walaupun usianya cukup muda tetapi remaja yang biasanya dipanggil Sugan ini mengatakan dirinya sengaja untuk memberanikan diri untuk membuka usaha cuci sepatu sendiri.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Awalnya dulu kerja di Toko Lampu, hampir dua tahun lalu keluar terus buka jasa ini," tutur Sugan.

"Sengaja keluar, soalnya pengen nyari pekerjaan yang sesuai passion dan yang kita suka," tambah Sugan.

Tetapi untuk jasa sepatu telah ia lakoni sejak dari lulus sekolah SMA.

"Siangnya kerja di toko Lampu. Trus pulang kerja jemputin orderan sepatu lalu sampai jam 12 malam itu cuciin sepatu," kata Sugan.

Setelah hampir setahun membuka jasa cuci sepatu. Sejak lima bulan lalu ia berhenti dari pekerjaanya sebagai pegawai Toko Lampu dan fokus mendirikan usaha reparasi dan cuci sepatu sendiri.

"Untuk buka usaha disini sih baru lima bulanan, dari mulai bulan Agustus," tutur Sugan.

"Alhamdulilah selama beberapa bulan terakhir orderan sudah meningkat," tambah Sugan.

Sugan sendiri belajar dalam bidang reparasi sepatu dari sejak kelas 3 SMA.

"SMA kelas 3 udah mulai belajar, dari mulai cara merawat sepatu yang benar hingga cara pewarnaan yang cocok," tutur Sugan.

Suasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick RebelsSuasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick Rebels Foto: Fahmi Labibinajib

Yang berbeda dengan sistem pencucian biasa. Kata Sugan di Kick Rebels untuk setiap bagian menggunakan sabun cuci masing-masing.

"Di bagian bawah atas dan samping serta sikatnya kita memakai sabun masing-masing, itu paling yang membedakan," kata Sugan.

Meskipun letaknya cukup jauh dari kota. Tepatnya di Desa Pamengkang Kabupaten Cirebon. Tetapi Sugan percaya bahwa hal tersebut tidak berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnisnya.

"Saya percaya di zaman sekarang untuk membuka bisnis ini tidak berpatok pada tempat, lewat media sosial kita bisa mencapai banyak orang," kata Sugan.

"Market kita Seluruh Indonesia, jadi promosi online itu wajib," tegas Sugan.

Dalam menjalankan usahanya Sugan dibantu oleh salah seorang temannya. Tapi itupun sebagai pegawai tidak tetap.

"Anaknya masih sekolah, jadi kalau waktu lagi kosong aja bantu-bantu di sini," kata Sugan.

Suasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick RebelsSuasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick Rebels Foto: Fahmi Labibinajib

Untuk tarif dalam sekali mencuci Sugan mematok di harga Rp 28.000 sedangkan untuk reparasi sendiri tergantung kerusakan.

"Cuci sepatu Fast Clean 24 jam selesai 24.000 ribu, kalau reparasi sesuai kerusakan. Untuk lem ulang kita mulai dari harga 120 ribu dengan garansi 2 bulan," kata Sugan.

Untuk omset mungkin bisa dibilang masih belum terlalu besar. "Karena masih baru paling baru 3 -5 juta perbulan," kata Sugan.

Tapi yang pasti bisnis reparasi dan cuci sepatu merupakan bisnis yang menurutnya menjanjikan. "Apalagi kalau sudah terkenal kan enak bisa bantu orang buat ngasih kerja juga," tutur Sugan.

Sugan juga berharap ia dapat mengembangkan bisnisnya lebih lanjut dengan membuka cabang baru.

"Pengennya sih bisa buka cabang baru biar bisa menggurita, terus buka lapangan kerja yang banyak" kata Sugan.

Suasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick RebelsSuasana tempat reparasi dan pencucian sepatu Kick Rebels Foto: Fahmi Labibinajib

Ia juga berpesan untuk anak muda yang seumuran dirinya untuk jangan berpikir pendek, intelektual dan nalar harus tinggi serta selalu bermanfaat bagi semua orang.

"Buat teman sebaya jangan berpikir pendek, berintelektual dan bernalar serta harus bermanfaat bagi semua orang," pungkas Sugan.

(yum/yum)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
January 02, 2024 at 10:30AM
https://ift.tt/XQEIj4h

Mengulik Bisnis Cuci dan Reparasi Sepatu ala Anak Muda Cirebon - detikJabar
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/AIz0UBR
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengulik Bisnis Cuci dan Reparasi Sepatu ala Anak Muda Cirebon - detikJabar"

Post a Comment

Powered by Blogger.